Sukses

Intip 10 Rekomendasi Wisata Populer di Cirebon, Cek Yuk!

Cirebon mempunyai beragam tempat wisata dengan pemandangan alam serta budaya yang menarik.

Liputan6.com, Bandung - Cirebon merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia yang berada di pesisir utara Jawa atau dikenal dengan jalur pantura. Cirebon mempunyai wisata menarik yang memperkenalkan kesenian, kebudayaan, serta pemandangan alam yang indah.

Daerah ini juga sering menjadi tempat wisata karena lokasinya yang berada di letak geografis yang strategis. Terdapat tempat wisata yang menghibur dan menambah wawasan pengunjung ketika datang ke Cirebon.

Cirebon mempunyai ciri khas dalam keberagaman budayanya mulai dari seni, tarian, hingga musik tradisionalnya. Cirebon juga terkenal akan kuliner dari makanan khasnya yaitu empal gentong dan nasi jamblang

Selain itu, Cirebon juga merupakan daerah yang kaya akan sejarah serta budayanya sehingga pengujung tidak hanya berwisata tetapi juga menambah wawasan. Misalnya saja berwisata di Keraton Kasepuhan bisa menjadi wisata menarik yang membuka mata terkait budaya.

Istana kerajaan tersebut juga memperlihatkan kemegahan hingga keindahan arsitektur Jawa yang ada di istana tersebut. Pengunjung juga akan menjelajahi istana sambil melihat artefak sejarah, kebun, hingga museum.

Wisata alam di Cirebon juga tidak kalah menarik mengingat tempat ini juga terdapat pantai yang memberikan pemandangan laut yang indah. Kemudian terdapat taman yang terdapat gua-gua menakjubkan.

Berikut ini adalah 10 rekomendasi wisata populer di Cirebon yang harus dikunjungi ketika berlibur:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Rekomendasinya

1. Kawasan Batik Trusmi

Melansir dari Wonderful Indonesia, kawasan Batik Trusmi merupakan tempat sentra Batik tertua di Indonesia. Diketahui kawasan ini menjadi ikon ekonomi di Kota Cirebon sejak abad ke-14.

Tentunya Batik Trusmi telah ratusan tahun dikenal sebagai sentra pengrajin batik yang khas dan berkualitas tinggi. Salah satu batik khas Cirebon yang harus dibeli di kawasan batik ini adalah batik motif mega mendung.

Selain membeli batik pengunjung bisa melihat proses membatik secara tradisional di beberapa pengusaha batik di kawasan tersebut.

2. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong menjadi lokasi strategis di Cirebon untuk wisatawan yang ingin melihat pemandangan dari ketinggian. Terdapat pemandangan alam yang indah terutama untuk mendapatkan suasana yang romantis.

Untuk berwisata ke Bukit Gronggong membayar tiket masuk sekitar Rp5.000 dan tempat ini buka selama 24 jam. Namun pastikan membawa uang yang cukup untuk bersantai di cafe atau tempat makan sekitar agar bisa menikmati pemandangan sambil menyantap makanan.

3. Batu Lawang

Batu Lawang merupakan tempat wisata di Cirebon yang unik karena tempat ini merupakan lahan bekas tambang semen yang diubah menjadi wisata menarik. Berlokasi di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon.

Batu Lawang telah buka sejak 2016 dan menampilkan pemandangan bebatuan alam dan dikelilingi pohon rindang. Pengunjung bisa membayar tiket Rp10.000 untuk masuk ke area kawasan tersebut.

4. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani merupakan wisata menarik yang bisa dikunjungi untuk berlibur. Tempat ini merupakan taman tepi laut yang disulap dengan nyaman untuk para pengunjung.

Terdapat wahana mini coaster, speedboat, waterboom, tempat makan, kapal raksasa, hingga pemandangan indah yang bisa dilihat di area SeaView Cottage. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon tempat ini buka dari pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Kampung Sabin 

Kampung Sabin merupakan kawasan wisata alam dan kuliner yang menyajikan pengalaman berwisata seperti di Ubud, Bali. Tempat ini mempunyai gapura khas Bali dan lokasinya berada di area persawahan.

Terdapat umbul-umbul putih hingga payung kuning yang menghiasi tempat ini sehingga membuat suasana Ubud, Bali yang kental. Selain itu pengunjung bisa menikmati sajian makanan khas di Kampung Sabin.

Lokasinya sendiri berada di Kawasan Kota Baru Keandra, Jalan Nyi Ageng Serang, Kecamatan, Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

6. Pantai Kejawanan

Pantai kejawan berlokasi di Jalan Pelabuhan Perikanan, Pengambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Wisata pantai ini menampilkan pemandangan indah laut dan juga bisa melihat siluet kapal ketika matahari terbenam.

Selain itu pengunjung juga bisa melihat aktivitas para nelayan yang ada di Pantai Kejawan serta berfoto di area batu karang sekitar.

7. Cikuya Belawa

Cikuya Belawa merupakan obyek wisata menarik yang cocok dikunjungi bersama anak atau keluarga. Pasalnya tempat ini tidak hanya sejuk tetapi juga menjadi tempat edukasi terkait hewan langka yang ada di Cikuya.

Hewan tersebut adalah hewan bulus atau kura-kura langka yang memberikan pengetahuan menarik bagi wisatawan khususnya anak-anak.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

8. Keraton Kasepuhan Cirebon

Cirebon merupakan daerah yang kaya akan budaya dan sejarah salah satunya terdapat sejumlah bangunan peninggalan kerajaan di masa lalu. Salah satunya adalah Keraton Kasepuhan yang ada di Cirebon.

Wisata ini memberikan pengalaman menarik untuk mengetahui lebih lanjut terkait sejarah kerajaan. Terdapat koleksi bersejarah lainnya mulai dari Kereta Singabarong hingga lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi.

Lokasinya sendiri ada di Jalan Kasepuhan Nomor 43, Kasepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon dan buka mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

9. Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi merupakan wisata menarik yang membawa wisatawan melihat perpaduan dinding batu dengan alam pepohonan sekitar. Tempat ini menjadi situs bersejarah di Cirebon karena dahulu digunakan oleh para Sultan Cirebon sebagai meditasi.

Para sultan tersebut melakukan meditasi mengatur strategi perlawanan terhadap Belanda dan lokasinya ada di Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

10. Tropikana Water Park Cirebon

Tropikana Water Park merupakan wisata baru di Cirebon yang memberikan pengalaman wisata air menyenangkan. Selain itu dekorasinya di desain menarik dan kekinian untuk menarik wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat aesthetic.

Tempat ini mempunyai enam jenis kolam yaitu Kids Pool, Toddler Pool, Kolam Arus, Kolam Ombak, Tower Slide, hingga Semi Olympic Pool yang menarik. Melansir dari akun Instagramnya tempat ini buka mulai dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB di hari biasa dan pukul 08.00 hingga 18.00 WIB di hari libur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini