Sukses

PSIM Yogyakarta Turun Peringkat Usai Ditaklukan Persiraja Banda Aceh 1-3, Ini Klasemen Sementara Grup X Liga 2

Pertandingan yang digelar sore hari itu berkesudahan dengan skor 1-3. PSIM Yogyakarta tertinggal lebih dulu di babak pertama dengan skor 0-2. Dua gol Persiraja itu dicetak Islom Karimov dan Ramadhan.

Liputan6.com, Yogyakarta - PSIM Yogyakarta kalah untuk pertama kalinya di babak 12 Besar Grup X Liga 2 2023/2024 kala bertandang ke Stadion Langsa melawan tuan rumah Persiraja Banda Aceh, Senin (21/1/2024).

Pertandingan yang digelar sore hari itu berkesudahan dengan skor 1-3. PSIM Yogyakarta tertinggal lebih dulu di babak pertama dengan skor 0-2. Dua gol Persiraja itu dicetak Islom Karimov dan Ramadhan.

Pada pertengahan babak kedua, tim berjuluk Laskar Mataram itu sempat memperkecil kedudukan lewat gol I Nyoman Sukarja. Tapi, Persiraja memupus harapan PSIM di penghujung laga lewat gol Andik Vermansyah.

Sementara itu, laga lain di Grup X berakhir imbang 1-1 antara PSMS Medan vs Semen Padang. Laga itu digelar di Stadion Baharudin Siregar, Deliserdang. Hasil ini membuat kedua tim harus berbagi rela 1 poin.

Kini posisi puncak klasemen sementara Grup X masih dipegang oleh Semen Padang dengan 6 poin. Sementara itu, PSIM Yogyakarta harus turun ke peringkat 3 dengan 5 poin.

Posisi PSIM direbut Persiraja Banda Aceh yang sementara ini telah mengoleksi 6 poin dari empat laga dengan tiga kali imbang dan sekali menang. Sedangkan PSMS Medan masih tertahan sebagai juru kunci dengan perolehan 2 poin.

Hasil ini tentu saja membuat langkah PSIM semakin berat untuk mengamankan tiket ke babak semifinal. Meski hanya selisih 1 poin, babak semifinal hanya akan mengambil juara grup dan peringkat 2 terbaik dari tiga grup musim ini.

Meski begitu, Laskar Mataram masih memiliki dua laga sisa sebagai upaya mengamankan tiket ke semifinal. Mereka akan menghadapi PSMS Medan di Stadion Baharudin Siregar, dan menjamu Semen Padang di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

Jika ingin melaju ke babak semifinal, upaya terbaik PSIM adalah sapu bersih dua kemenangan. Dengan begitu, mereka akan memiliki 11 poin di klasemen akhir Grup X.

Pelatih PSIM Yogyakarta Kas Hartadi mengaku tetap optimistis timnya bisa melangkah ke semifinal. Menurutnya, masih ada dua laga sisa yang bisa dimaksimalkan untuk meraih poin.

"Tentu kami akan evaluasi, karena saya lihat masih ada dua laga sisa yang bisa kami manfaatkan. Yang pasti evaluasinya dari compact defend dan finishing, itu yang kami fokuskan jelang lawan PSMS dan Semen Padang," kata Kas Hartadi seusai laga.

Klasemen Grup X

Semen Padang | 6 poin

Persiraja Banda Aceh | 6 poin

PSIM Yogyakarta | 5 poin

PSMS Medan | 2 poin

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.