Sukses

Polda Bali Terjunkan Ribuan Personel Amankan Malam Tahun Baru

Ribuan personel keamanan dari Kepolisian Daerah Bali diterjunkan untuk mengamankan perayaan malam tahun baru beberapa hari mendatang.

Liputan6.com, Denpasar - Kepolisian Daerah Bali menerjunkan ribuan personel untuk amankan perayaan malam pergantian tahun 2023 menuju Tahun baru 2024. Mereka disebar di titik-titik pusat keramaian.

Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra, mengatakan pihaknya memfokuskan pengamanan di tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata khususnya pada saat malam Tahun Baru 2024.

Untuk malam pergantian tahun 2024, Polda Bali fokus pada dua titik kumpul wisatawan maupun masyarakat yang merasakan malam pergantian tahun di Pulau Dewata.

"Dua titik tersebut berlokasi di Garuda Wisna Kencana (GWK, dan Pantai Kuta. Untuk Di Garuda Wisnu Kencana (GWK) akan ada event GWK Countdown Tahun 2024, sedangkan Pantai Kuta ada event yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Badung," kata Irjen Pol Putra Narendra di Denpasar, Jumat (29/12/2023).

Kapolda menjelaskan, dalam pengamanan malam tahun baru Polda Bali dan jajaran Polres menerjunkan ribuan personel yang tergabung dalam operasi lilin Agung, Operasi Mantap Brata dan personel Penembalan. Khusus untuk wilayah Polresta Denpasar dan Polres Badung akan di backup Polda Bali.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengamanan Gabungan

Polresta Denpasar akan menerjunkan 688 personel ditambah dari Polda Bali sebanyak 361 personel, dan 1.049 personel akan melaksanakan pengamanan pada titik keramaian seperti Grand Zero, dan juga Pantai Kuta.

Di Grand Zero akan disiagakan 45 personel sedangkan di Pantai Kuta 121 personel yang ditambah dari 50 personel dari Polda Bali, pasar seni Kuta disiagakan sebanyak 75 personel dan sisanya disebar ke seluruh titik keramaian di wilayah hukum Polresta Denpasar.

Sedangkan untuk pengamanan event GWK Countdown 2024 yang berlokasi Garuda Wisnu Kencana, melibatkan 200 personel dalam pengaman tersebut. Kapolda merinci 133 personel Polda Bali, 10 personel Polresta Denpasar dan 57 personel yang terlibat Operasi Manta Brata Agung.

Pola pengamanan GWK Bali Countdown 2024 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dengan sistem terbuka dan tertutup. Pada lokasi kegiatan dalam pola ring 1,2 dan 3. Untuk ring 1 area inti kegiatan, ring 2 akses masuk/gate dan area luar lokasi GWK Bali Countdown 2024 dan terakhir ring 3 pengamanan jalur menuju GWK.

Polda Bali juga akan lakukan penambahan personel dalam pengamanan malam tahun baru 2024 sebanyak 171 personel yang akan menempati 4 titik pusat keramaian seperti di catur muka, lapangan Bajra Sandhi, taman kota Lumintang dan Pantai Kuta.

Permintaan penambahan personel Polresta Denpasar akan di back up 20 personel Rainmas Ditsamapta, 14 anti Anarkis Satbrimob, 88 personel Penembalan dari Polda Bali, 15 personel Bintara remaja Polres Bangli, 15 Bintara remaja Polres Klungkung dan 20 Bintara remaja Polres Buleleng.

Untuk Polres Badung akan diback up oleh 25 personel bintara remaja Polres Karangasem, 30 personel Ditlantas Polda Bali, dan 1 regu Gegana Satbrimob. Untuk Power On Hand Kapolda Bali 54 personel PHH SatBrimob Polda Bali dan 30 Dalmas Ditsamapta Polda Bali

Sementara itu, Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Avitus Panjaitan menambahkan bahwa sebelum melaksanakan pengamanan malam Tahun Baru 2024 pihaknya akan menggelar apel kesiapan dan pengecekan.

"Apel akan di bagi menjadi 3 tempat yaitu apel di laksanakan di halaman Mapolda Bali dan Central Parkir Kuta, sedangkan yang terlibat pengamanan untuk pengamanan GWK Bali Countdown 2024 akan langsung dipimpin Kapam Dansat Brimob Polda Bali Kombes Pol Firdaus Wulandto," ujar dia di Denpasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.