Sukses

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka Cuti 2 Hari Jelang Debat Cawapres

Gibran Rakabuming Raka mengajukan cuti dua hari dari tugas kedinasan sebagai Wali Kota Solo menjelang debat cawapres.

Liputan6.com, Solo - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengajukan cuti dari tugasnya sebagai Wali Kota Solo selama dua hari kerja. Cuti tersebut diajukan untuk persiapan menjelang debat cawapres Pemilu 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Jumat (22/12/2023).

Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Sekda Kota Solo, Herwin Nugroho mengatakan, Gibran yang juga Wali Kota Solo telah mengajukan cuti untuk kampanye ke Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, sejak pekan lalu. Sedangkan izin cuti kampanye untuk cawapres pendamping Prabowo itu baru turun tiga hari lalu.

“Cuti hari untuk kampanye di Jakarta dan cuti besok untuk mengikuti debat cawapres yang diselenggarakan oleh KPU. Izin cuti dari Pak Gubernur turun 18 Desember, kemarin,” ujar Herwin saat ditemui di ruang kerjanya di komplek Balai Kota Solo, Kamis (21/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wakil Gibran Ditunjuk Plh Wali Kota Solo

Menurut dia, selama Gibran cuti dari tugasnya sebagai wali kota, kini Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, ditunjuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Solo. Semua tugas kedinasan wali kota akan diambil alih selama putra sulung Presiden Jokowi itu cuti kampanye hingga Jumat besok.

“Plh-nya Pak Teguh sesuai di surat izin cuti dari pak gubernur menyatakan Wakil Wali Kota Solo, Bapak Teguh Prakosa melaksanakan tugas sehari-hari wali kota. Ya selama dua hari itu akan menjadi Plh,” sebutnya.

Seperti diketahui Gibran akan menghadapi sesi debat cawapres yang digelar KPU RI di JCC Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat (22/12/2023) besok. Ia akan beradu ide dan gagsan dengan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.