Sukses

Pulau Friwen, Surga Bawah Laut di Raja Ampat tak Boleh Dilewatkan

Lokasinya tak begitu jauh dari Pasir Timbul Raja Ampat hanya sekitar 30 menit atau 1 jam dari Pulau Waisai

Liputan6.com, Jakarta Pulau Friwen salah satu lokasi terbaik menikmati panorama bawah laut di Raja Ampat. Gradasi air laut hingga terumbu karangnya benar-benar cantik. 

Pulau Friwen ini berada di Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Lokasinya tak begitu jauh dari Pasir Timbul Raja Ampat hanya sekitar 30 menit atau 1 jam dari Pulau Waisai. 

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Friwen, selain menikmati pasirnya yang putih, nongkrong asik di bibir pantai dan jelajah Pulau Friwen. Kurang lengkap kalau belum menikmati pesona bawah lautnya. 

Saat sampai di spot menyelam di Pulau Friwen airnya berwarna biru kehijau-hijauan, terumbu karang tampak jelas karena airnya yang bening.

Spot cantik ini cocok bagi pecinta panorama bawah laut, cocok untuk diving dan snorkeling. Untuk pemula, bisa melakukan snorkeling karena air di sekitar Pulau Friwen ada yang cukup dangkal.

Kedalamannya berkisar 10-20 meter dan air di sekitar pulau relatif tenang dan tidak ada arus. Penampakan di bawah laut ini menawarkan banyaknya aneka terumbu karang yang berwarna-warni dan biota laut. 

Saat berenang jangan sampai kaki menginjak terumbu karang, karena tumbuhnya butuh bertahun-tahun. Di bawah permukaan air yang jernih, tersembunyi kekayaan alam yang luar biasa. 

Friwen dikelilingi oleh terumbu karang yang mempesona dan berbagai spesies ikan warna-warni yang membuat penyelam terpesona. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Pelestarian

Kamu yang berkesempatan datang ke Raja Ampat jangan lewatkan ke Pulau Friwen, karena lokasi ini salah satu tempat terbaik di Raja Ampat. Tidak ada salahnya menjuluki Pulau Friwen sebagai serpihan surga di Raja Ampat.

Pulau ini tidak hanya tentang keindahan alamnya, tetapi juga tentang keramahan penduduknya. Masyarakat setempat dengan bangga memperkenalkan wisatawan pada kebudayaan mereka, termasuk pesta adat yang meriah dan seni ukir tradisional yang menakjubkan. 

Keindahan alam di Friwen tidak hanya terbatas pada bawah lautnya. Pantai pasir putih yang terjaga dengan baik, hutan-hutan yang rimbun. 

Pemandangan matahari terbenam yang memukau menjadikan pulau ini tempat yang harus dikunjungi bagi para pelancong yang mencari kedamaian. 

Meskipun Friwen memiliki keindahan yang menakjubkan, konservasi menjadi hal yang sangat penting. 

Melindungi lingkungan alaminya dan keberlangsungan budayanya adalah tanggung jawab bersama. Upaya pelestarian harus terus dilakukan agar keunikan Friwen di Raja Ampat dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini