Sukses

Air Mancur Menari di Taman Sri Baduga Purwakarta Jadi Destinasi Liburan di Malam Tahun Baru

Pemkab Purwakarta berencana membuka operasional air mancur menari di Taman Sribaduga di momentum pergantian tahun. Liburan akan lebih berkesan.

Liputan6.com, Purwakarta - Butuh referensi tempat liburan di moment pergantian tahun nanti? Mungkin tak ada salahnya mampir ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Pasalnya, di kabupaten ini ada beberapa lokasi wisata yang akan membuka event di malam Tahun Baru 2024 nanti.

Salah satunya, kawasan Taman Sri Baduga Purwakarta (Situ Buleud). Pemkab Purwakarta, tengah merencanakan untuk mengoperasikan pertunjukan Air Mancur Menari di taman kota tersebut di momentum pergantian tahun nanti.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha menjelaskan, saat ini serangkaian persiapan telah dilakukan jajarannya daerah untuk membuka kembali pertunjukan air mancur menari di kawasan taman kota tersebut.

"InsyaAllah kita buka lagi pertunjukan Air Mancur Menari di momentum pergantian tahun nanti," ujar Norman kepada wartawan, Rabu (6/12/2023).

Norman memiliki alasan mengenai rencana pembukaan operasional air mancur menari di Taman Sribaduga itu. Menurutnya, ini bisa menjadi ikhtiar untuk menggerakan perekonomian masyarakat khususnya pelaku industri kecil dan usaha mikro di Kabupaten Purwakarta.

Selain itu, dia berharap dengan dibukannya operasional pertunjukan air mancur menari bisa turut mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke daerahnya ini.

Seperti diketahui, keberadaan Taman Sri Baduga Purwakarta selama ini bak oase di gurun pasir. Apalagi, saat ada penambahan fasilitas berupa pertujukan air mancur menari yang memanfaatkan sumber mata air di lokasi itu.

Ada yang menarik dari air mancur menari di kawasan wisata taman kota ini. Ya, selain memiliki lingkaran sekitar 1 hektare, air mancur menari tersebut diciptakan supaya memiliki banyak variasi gerakan. Yakni, disesuaikan dengan hentakan irama musik.

Jadi, jika hentakan cukup cepat air mancur pun akan menari dengan cepat dan tinggi. Namun jika alunan musik lambat, air mancur ini hanya akan menari dengan gemulai.

Atraksi air mancur menari ini, diprogram dengan beragam jenis musik secara digital. Selain musik dan variasi tarian, air mancur menari ini pun dipadukan dengan unsur tata cahaya dan api di atasnya.

Tak hanya itu, di sekeliling taman inipun terpasang kursi supaya para pengunjung merasa nyaman saat menonton air mancur menari itu.‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.