Sukses

Dampak Ekonomi Festival Dahau, Okupansi Hotel di Kutai Barat Meningkat Drastis

Festival Dahau yang berlangsung selama dua pekan memberi dampak secara ekonomi bagi masyarakat Kutai Barat.

Liputan6.com, Kutai Barat - Okupansi atau tingkat hunian hotel yang ada di wilayah Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur meningkat selama Festival Dahau 2023 digelar. Selain karena dipadati wisatawan, hotel-hotel itu juga dipadati pemudik yang ingin merayakan ulang tahun Kutai Barat ke 24.

Kepala Dinas Pariwisata Kutai Barat Yuyun Diah Setyorini mengungkapkan peningkatan hunian semua hotel di Kutai Barat sudah terlihat sejak sepekan sebelum Festival Dahau 2023 dimulai. Para wisatawatan yang ingin berkunjung ke Kutai Barat bahkan menghubungi Dinas Pariwisata untuk meminta bantuan pemesanan hotel.

“Alhamdulillah Festival Dahau 2023 ini adalah perayaan adat yang paling besar. Dibuktikan dari okupansi hotel yang terus-terusan meningkat. Bahkan sejak tanggal 1 November 2023, hotel di Kutai Barat sudah habis dipesan semua,” ungkap Yuyun.

Dijelaskan dia, ada tiga acara puncak yang membuat wisatawan membludak di Kutai Barat. Pertama adalah kunjungan Presiden Joko Widodo pada tanggal 3 November.

Kedua adalah acara puncak tari kolosal dan pemecahan Rekor MURI penggunaan anjat terbanyak. Terakhir konser musik oleh band tanah air dan penyanyi yang menjadi idola dangdut.

“Di tanggal 1 November 2023, panitia Festival Dahau bahkan membuat area-area inap terbuka. Sebagian di Alun-alun Itho dan ada juga di beberapa tempat lainnya. Banyak wisatawan yang tidak kebagian kamar hotel. Tapi mereka tetap antusias memadati semua tempat,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdampak Luas

Tidak hanya hotel, kafe dan rumah makan juga dipenuhi pengunjung selama Festival Dahau 2023 digelar. Para pengusaha kuliner bahkan kebanjiran job pesanan nasi kotak selama sepekan lebih. Hal itu membuktikan bahwa Festival Dahau 2023 mampu membangkitkan ekonomi lokal dengan cepat.

“Kita betul-betul bersyukur Festival Dahau tahun ini sangat meriah. Perputaran ekonomi meningkat drastis dan inilah yang kita inginkan. Antusias para wisatawan baik lokal maupun luar daerah menjadikan Festival Dahau 2023 sukses besar,” paparnya.

Untuk itu dia berterimakasih pada semua wisatawan yang datang. Dia menilai, kedatangan para wisatawan akan mendorong perekonomian di Kutai Barat lebih menggeliat. Selain itu, katanya, penyelenggaraan Festival Dahau 2023 juga akan menjadi magnet kebudayaan di sektor pariwisata.

“Tentu ini menjadi motovasi bagi kami untuk lebih giat lagi mengenalkan kebudayaan yang ada di Kutai Barat. Mudah-mudahan festival Dahau 2023 dapat mengangkat nama Kabuapten Kutai barat hingga ke mancanegara,” harapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini