Sukses

4 Referensi Wisata dengan Suguhan Wahana Air Lengkap di Kabupaten Purwakarta

Kabupaten Purwakarta, memiliki banyak lokasi wisata dengan suguhan wahana air cukup komplit. Bisa berwisata sambil basah-basahan.

Liputan6.com, Purwakarta - Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sejak beberapa tahun terakhir jadi perbincangan hangat para penggemar wisata. Hal ini tak lepas dari banyaknya destinasi wisata pilihan di kabupaten ini.

Seperti diketahui, di 2020 kemarin Pemkab Purwakarta telah menetapkan 62 destinasi wisata yang ada di wilayah itu. Adapun dari jumlah lokasi wisata ini, kebanyakan menyuguhkan konsep wisata alam/buatan, selebihnya wisata kuliner dan religi.

Sementara dari sebagian besar wisata alam ini, lokasi wisata dengan suguhan wahana air memang yang paling mendomini. Bahkan, keberadaannya hampir merata di seluruh kecamatan yang ada. Tak heran, wisata dengan suguhan wahana air ini menjadi salah satu penyumbang terbesar kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Liputan6.com, kali ini merangkum beberapa lokasi wisata alam terhits di Kabupaten Purwakarta yang menyuguhkan wahana air yang dimaksud. Yuk kepoin.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Jaya Tirta Abadi (JTA)

Jaya Tirta Abadi atau biasa disebut JTA Bojong merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta dengan suguhan wahana air.

Di objek wisata ini, pengunjung bisa bermain air sepuasnya. Karena, ada empat kolam renang yang disiapkan, baik untuk kalangan dewasa maupun anak-anak.

Namun, selain bisa bermain air sepuasnya untuk wisatawan yang ingin menginap pun pihak pengelola juga telah menyiapkan homestay yang bisa disewa untuk bermalam.

Penginapan di sini, terbilang cukup unik. Selain desainnya yang sangat menarik dan cukup refresentatif untuk keluarga, penempatannya juga sangat tepat.

Hal mana, penginapan tersebut dibangun persis di pinggir kolam. Sehingga, saat anda membuka pintu penginapan, mata akan langsung terarah ke kolam air yang mengasyikan.

2. Kahuripan Tirta Wanayasa

Kahuripan Tirta Wanayasa, selama ini menjadi salah satu lokasi wisata yang terfavorit. Apalagi, saat memasuki musim liburan sekolah. Lokasi wisata ini ada di Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, atau tak jauh dari Situ Wanayasa.

Ada yang membedakan lokasi ini dengan destinasi serupa. Salah satunya, mungkin dari air yang digunakan. Ya, air kolam yang ada di kawasan Kahuripan Tirta Wanayasa bersumber dari mata air pegunungan. Sehingga, kualitas airnya bersih dan sejuk.

Para pelancong yang datang ke lokasi ini, tak hanya akan disuguhi segarnya air kolam, melainkan bisa juga menikmati pemandangan di sekitarnya yang cukup indah dan asri. Sehingga, lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan liburan bersama keluarga.

Di lokasi ini, ada beberapa wahana air yang disiapkan pengelola. Di antaranya, kolam renang dengan nuansa pantai, area kolam untuk dewasa, serta area kolam untuk anak-anak dengan beragam wahana permainan. Di antaranya seluncuran kelinci, basket air, gebug bantal, mandi busa, air mancur, dan ember tumpah.

Kawasan ini, ternyata juga ramah untuk balita lho. Karena, pihak pengelola juga menyiapkan area kolam khusus untuk balita lengkap dengan fasilitasnya.

 

3 dari 3 halaman

3. Anugerah Waterpark Bunder

Anugerah Waterpark Bunder (AWB), saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang lagi ngehits di Kabupaten Purwakarta. Kawasan wisata yang lebih menonjolkan wahana air itu, lokasinya di Kampung Bunder, Desa Cibening, Kecamatan Bungursari.

Di Anugerah Waterpark Bunder (AWB), terdapat beberapa wahana air. Di antaranya, terdapat empat kolam renang berbagai ukuran dengan kedalaman bervariasi. Yakni, kolam khusus balita, kolam sport, kolam adveture dan kolam ombak.

Di kawasan ini, juga ada beberapa kolam renang yang dilengkapi seluncuran panjang dan bisa dinikmati untuk mereka yang ingin menguji adrenalin. Selain seluncuran, di lokasi ini juga terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk tempat bersantai keluarga.

4. Cikao Park

Cikao Park atau Taman Cikao, berada di‎ Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur. Lokasi wisata ini, memang sedikit tersembunyi. Meski begitu, pengunjung yang datang ke lokasi ini kerap membludak. Apalagi, di momentum liburan sekolah.

Di Cikao Park, ada beberapa wahana yang disuguhkan. Semisal, Water park, minizoo, bird park, panggung utama, area bermain, dan puluhan gazebo yang bisa dinikmati untuk bersantai sambil menikmati panorama alam di sekitar.

Di lokasi ini, juga terdapat wahana yang menarik lainnya. Terutama yang menyuguhkan wahana berunsur edukasi. Kemudian, juga terdapat Water Park yang bernuansa alam dan pantai.‎ Tak heran, banyak di antara pengunjung pun memanfaatkan lokasi tersebut untuk sekedar berfoto ria.

Mumpung akhir pekan nih, yuk mampir ke Kabupaten Purwakarta. Karena, selain lokasi wisata yang disebutkan di atas, di wilayah ini juga masih banyak lokasi yang lain bisa dijadikan tempat ngadem sambil basah-basahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.