Sukses

Edy Rahmayadi Sebut Mahasiswa Harus Tetap Jadi Agen Perubahan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) ke-18, Edy Rahmayadi mengatakan, mahasiswa harus tetap menjadi agen perubahan (agent of change) bagi kemajuan bangsa dan negara dalam setiap era dan masanya.

Liputan6.com, Medan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) ke-18, Edy Rahmayadi mengatakan, mahasiswa harus tetap menjadi agen perubahan (agent of change) bagi kemajuan bangsa dan negara dalam setiap era dan masanya.

"Mahasiswa harus mengambil peran penting, berkontribusi dengan ilmu dan wawasan yang dimiliki, serta idealisme untuk kepentingan bangsa dan negara," katanya, Rabu (1/11/2023).

Berbicara pada acara penerimaan kader baru Himpunan Mahasiswa Ikatan Keluarga Labuhan Batu Raya (HM IKLAB RAYA ) Sumut di Muatia Suara Nafiri Convention Hall Medan, mantan Pangkostrad TNI memberikan motivasi peran strategis mahasiswa dan mendapat aplaus.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekda Kabupaten Labuhan Batu Utara, Mohd Sueb, Anggota DPD RI, Muhammad Nuh, Anggota DPRD Sumut, Ari Wibowo, Penasihat IKLAB, Mhd. Fitriyus, dan Ketua Himpunan Mahasiswa Labuhan Batu Raya, Irham Sadani Rambe.

"Mahasiswa sejati, selaku agen perubahan, pada dirinya terkandung potensi kepemimpinan yang hendaklah ditempah sejak dini, dan dijaga utuh oleh nilai-nilai moral dan keilmuan," Edy Rahmayadi menuturkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usung Perubahan

Edy Rahmayadi juga mengemukakan, mahasiswa dengan idealisme dan energi yang dimilikinya harus mampu mengusung perubahan demi kemajuan bangsa dan negara.

"Perubahan itu keniscayaan. Kalian harus mampu mengusung itu," ujar mantan Pangkostrad membakar semangat ratusan mahasiswa yang hadir.

Kata Edy Rahmayadi, agen perubahan adalah orang yang bertindak sebagai katalisator dan mengelola perubahan yang terjadi.

"Usaha yang dilakukan dalam pembangunan suatu bangsa dan negara ditandai dengan adanya sejumlah orang yang menggerakkan dan menyebarluaskan proses perubahan tersebut," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Memberikan Warna

Sebagai orang yang pernah memimpin Sumut, Edy Rahmayadi berharap para mahasiswa asal Labuhan Batu Raya dapat memberikan warna bagi pembangunan di kampung halaman.

Terlebih, kata Edy, kawasan Labuhan Batu Raya memiliki potensi sangat besar, terutama sektor perkebunan, pertanian, kelautan, industri, kebudayaan, dan sebagainya.

"Ambil peran kalian sebagai intelektual. Ikut serta memajukan kampung halaman sebagaimana motto labuhan Batu Ika Bina en Pabolo. Dengan terbangunnya Labuhan Batu Raya, akan terbangunlah Sumatera Utara yang maju, mandiri, dan bermartabat," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.