Sukses

Sederet Wisata Dengan Suguhan Komplet di Purwakarta, Bisa untuk Bermalam Juga

Kabupaten Purwakarta, punya banyak lokasi wisata yang menyuguhkan wahana komplet termasuk untuk mereka yang ingin bermalam

Liputan6.com, Purwakarta - Butuh referensi obyek wisata untuk menghabiskan waktu luang di akhir pekan? Mungkin tak ada salahnya melipir ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Pasalnya, di wilayah kecil ini banyak terdapat suguhan wisata yang komplit nan mengasyikan.

Berikut ini, Liputan6.com merangkum beberapa objek wisata yang punya suguhan komplet. Di lokasi wisata yang akan dibahas kali ini pengunjung bukan hanya akan disuguhi dengan beragam wahana mengasyikan, tapi juga disiapkan tempat jika ingin bermalam.

Dijamin tidak akan mengecewakan, apalagi beberapa kawasan wisata ini juga memiliki pesona alam luar biasa. Sehingga, sangat cocok untuk tempat beristirahat bersama keluarga tercinta.

1. Kawasan Waduk Jatiluhur

Siapa sih yang tidak tahu Waduk Jatiluhur (Ir Djuanda) di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta? Ya, ini adalah salah satunya destinasi wisata alam terfavorit para pelancong di berbagai daerah.

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut, tak hanya akan disuguhi pemandangan alam nan eksotis. Tapi, juga tersedia beberapa wahana air yang cukup menyenangkan. Yakni, Jatiluhur Water World (JWW). Lokasi ini, merupakan kawasan wahana air buatan yang lokasinya berada di kawasan Jatiluhur Valley Resort.

Tidak hanya itu, di kawasan tersebut juga banyak variasi fasilitas yang ditawarkan pihak pengelola kepada para pengunjung. Termasuk, wisata kulinernya. Ya, pengunjung bisa juga menikmati kuliner khas Waduk Jatiluhur yang salah satunya berbahan dasar ikan patin.

Bagi pengunjung dari luar kota yang ingin bermalam, jangan khawatir. Karena pihak pengelola juga menyediakan hotel dan bungalow lho di kawasan ini. Mungkin tak banyak yang tahu jika pesona alam di sekitar hotel dan resort di Jatiluhur sangat eksotis. Mungkin ini salah satu yang membedakan dengan hotel lainnya di Purwakarta.

Bukan itu saja, tapi ada satu hal lagi yang lebih menarik. Ya, ada sebuah tempat terbaik untuk melihat sunset di bendungan raksasa ini. Tempat yang diberi nama Lake View Istora Jatiluhur ini persis berada di sekitar bendungan utama.

Di lokasi tersebut, terdapat istora cafe & resto dan juga coffee bar yang bernama kopi Tarum yang khusus menyediakan menu kopi dari aliran sungai citarum.

Di areal ini, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman sembari melihat pemandangan dengan landscape Gunung Batu, yakni Gunung Parang dan Gunung Bongkok yang terhampar di depan mata. Ini, menjadi pemandangan tersendiri ketika kita berada di cafe tersebut.

2. Giri Tirta Kahuripan Porlak Jahe

Objek wisata yang satu ini, sebelumnya sempat tutup karena terdampak pandemi Covid-19. Namun saat ini, kawasan wisata tersebut sudah kembali bisa dikunjungi.

Objek wisata yang sekarang ini berada di di bawah managemen Porlak Jahe Grup itu, suguhan utamanya memang wahana air dengan view alam penggunungan yang terhampar luas.

Namun, untuk pengunjung yang hendak bermalam, pengelola juga menyiapkan villa atau cottage, hingga resto. Di lokasi ini, juga terdapat sarana-sarana wisata lain seperti porlak resto, porlak meals, porlak camp dan berbagai kegiatan luar ruangan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kampung Tajur

Sejauh ini, wisata alam Kampung Tajur masih menjadi salah satu tujuan favorit para pelancong dari berbagai daerah apalagi di musim liburan sekolah.

Lokasi wisata ini, merupakan sebuah Perkampungan dengan organisasi penduduk yang tertata dengan baik. Lokasinya, persis di lereng Gunung Burangrang.

Di Perkampungan itu, hanya ada 40 rumah yang tertata dengan sangat rapi dan penduduknya terlihat sangat damai. Mungkin, inilah salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke lokasi itu.

Bagi masyarakat perkotaan, suasana lingkungan nan alami seperti ini mungkin merupakan sesuatu yang luar biasa dan sangat langka didapat.

Apalagi, suasana yang sangat alami ini pun didukung pemandangan yang eksotik. Tak heran, dengan keindahannya itu membuat kampung ini menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat perkotaan.

Suhu udara di kampung ini, antara 18-32 derajat celcius. Jadi, sangat cocok dijadikan tempat beristirahat. Selama ini, pemerintah setempat menjadikan Kampung Tajur sebagai tujuan wisata alam bersendikan edukasi (Edutainment).

Selain untuk berwisata, para pengunjung yang datang ke kawasan ini juga bisa menginap atau bermalam di rumah warga, bahkan mengikuti atau berbaur dengan aktivitas warga setempat. Semisal, bercocok tanam, membajak sawah, tanam padi, beternak dan kegiatan lainnya.

4. Jaya Tirta Abadi

Seperti dibahas di artikel sebelumnya, Jaya Tirta Abadi atau biasa disebut JTA Bojong merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta dengan suguhan wahana air.

Di objek wisata ini, pengunjung bisa bermain air sepuasnya. Karena, ada empat kolam renang yang disiapkan, baik untuk kalangan dewasa maupun anak-anak.

Namun, selain bisa bermain air sepuasnya untuk wisatawan yang ingin menginap pun pihak pengelola juga telah menyiapkan home stay yang bisa disewa untuk bermalam.

Penginapan di sini, terbilang cukup unik. Selain desainnya yang sangat menarik dan cukup refresentatif untuk keluarga, penempatannya juga sangat tepat.

Hal mana, penginapan tersebut dibangun persis di pinggir kolam. Sehingga, saat anda membuka pintu penginapan, mata akan langsung terarah ke kolam air yang mengasyikan.

Itulah sederet kawasan wisata recomended yang ada di Kabupaten Purwakarta untuk mereka yang berniat refreshing sambil bermalam dan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.