Sukses

Intip Yuk Sejarah dan Rekomendasi Kue Bolu Bandung

Sejak lama bolu menjadi salah satu kue favorit banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak lama, bolu menjadi salah satu kue favorit banyak orang. Teksturnya yang lembut dan ringan serta rasanya yang manis membuatnya jadi salah satu camilan sore keluarga. Di Bandung ada beberapa kue bolu favorit yang selalu jadi incaran banyak orang. 

Kue bolu terbuat dari bahan-bahan sederhana, taitu terigu, gula, dan telur,  yang kemudian dipanggang dalam oven atau dikukus. Untuk yang paling sederhana, proses pembuatan kue bolu juga tidak membutuhkan waktu kurang dari dua jam.

Kue ini juga umum ditemukan di banyak daerah. Selain Bandung, Bogor juga memiliki beberapa bolu andalan, yang selalu jadi incaran para pendatang.

Intinya, kue bolu merupakan makanan yang cukup umum ditemukan. Namun ciri khas dan karakter dari kue yang satu ini biasanya disesuaikan dengan daerah muasal serta toko kuenya masing-masing.

Tapi tahukah kamu kalau kue bolu yang beredar di Bandung maupun Bogor merupakan transformasi dari makanan Skandinavia di abad ke-13? Sebelum mencari tahu lebih lanjut, yuk simak dulu sekelumit sejarah kue bolu di dunia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Bolu

Mengintip sejarahnya, bolu sebenarnya adalah kata serapan dari Bahasa Portugal bolo yang artinya sama dengan cake dalam Bahasa Inggris. Sementara cake pada Bahasa Inggris diambil dari kata kaka dari bahasa kuno Norse di wilayah Skandinavia pada abad ke-13.

Berbeda dengan abad modern, di masa itu bentuk cake serupa dengan roti tawar saat ini. Hanya saja rasanya manis yang didapat dari madu, dan biasanya cake dibuat untuk peringatan upacara keagamaan.

Seiring dengan perkembangan jaman, cake biasanya disajikan untuk berbagai acara. Mulai dari pernikahan, kelahiran, ulang tahun, dan lainnya. Selain itu, tampilan dan teksturnya pun mulai berubah.

Ada beragam jenis cake yang bisa ditemukan, mulai dari marmer cake, pillow cake, roll cake, pound cake, dan masih banyak lagi. Bahkan proses pematangannya juga beragam, ada yang dipanggang dan dikukus.

Nah, di Bandung cake atau kue bolu ini juga cukup banyak ditemukan di berbagai sudut kota. Variasinya juga beragam, salah satu yang paling terkenal adalah Toko Kue Bawean, yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Biasanya bolu khas Bandung ini dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan, dan berikut adalah beberapa rekomendasi bolu dari Bandung yang perlu kamu ketahui.

 

3 dari 3 halaman

Rekomendasi Kue Bolu Bandung

1. Bolu Susu Lembang

Bolu yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut hingga membuatnya seolah lumer begitu masuk ke mulut. Rasanya juga didominasi oleh susu, yang menjadi salah satu bahan utamanya.

Sejak muncul di tahun 2017, Bolu Susu Lembang jadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan dan pecinta kuliner. Apalagi, varian yang ditawarkan juga beragam, mulai dari  Colenak, Coklat Kacang, Susu Coklat, Original, dan Susu Vanilla.

2. Cizz Cheesecake & Friends

Cizz jadi salah satu rekomendasi bolu dari Bandung. Sesuai dengan namanya, Cizz menggunakan cream cheese sebagai bahan dasarnya, membuat kombinasi rasa manis dan gurihnya membuat banyak orang ketagihan

Cizz juga memiliki beragam varian, mulai dari Strawberry Cheesecake, Blueberry, Tiramisu dan masih banyak lagi. 

3. Primarasa

Salah satu toko kue yang sohor di Bandung adalah Primarasa. Meski toko kue ini terkenal dengan bolennya, namun ada beberapa varian kue bolu khas Primarasa yang tak kalah enaknya.

Toko kue yang satu ini juga kerap jadi incaran para wisatawan karena pilihan kuenya cukup beragam. Mulai dari cheesecake, brownies, bolen, dan hingga jajanan tradisional.

4. Amanda

Amanda menjadi salah satu toko kue yang menawarkan kue brownies kukus, yang teksturnya serupa dengan kue bolu. Toko kue yang satu ini cukup legendaris hingga membuka cabang di banyak tempat, bahkan di luar Kota Bandung.

Variannya juga cukup beragam, mulai dari yang original, keju, bolu pandan, dan masih banyak lagi. 

5. Bawean

Sebagai salah satu toko kue legendaris di Bandung, Bawean menawarkan banyak varian kue bolu. Mulai dari bolu gulung dengan beraneka rasa hingga frozen cake. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.