Sukses

5 Cara Membuat Foto Produk UMKM yang Menarik dengan Smartphone

Menurut Pendiri Sekolah Fotografi 101 Class Foto Roy Rafael, foto yang menarik dapat menaikkan nilai jual sebuah produk. Tidak hanya itu, foto yang menarik ikut meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Liputan6.com, Semarang - Dalam era digital seperti saat ini, foto produk menjadi salah satu hal yang penting untuk menarik minat calon pembeli. Foto produk yang menarik dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan, terutama bagi pelaku UMKM.

Menurut Pendiri Sekolah Fotografi 101 Class Foto Roy Rafael, foto yang menarik dapat menaikkan nilai jual sebuah produk. Tidak hanya itu, foto yang menarik ikut meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

"Foto produk yang menarik meningkatkan minat pembeli di e-commerce untuk mencoba produk yang dijual" kata Rafael yang baru-baru ini menjadi pemateri dalam acara pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM yang digelar oleh PT BFI Finance Indonesia Tbk di Semarang, Jawa Tengah, pada 6 hingga 7 Oktober 2023 lalu.

Dalam acara yang bertajuk #BFINgangkatUsahaLokal: Belajar Kreatif, Omzet Makin Melejit ini, Roy Rafael membagikan tips dan cara membuat fotografi untuk produk yang menarik bagi UMKM.

Menurutnya, pelaku UMKM tetap bisa membuat foto produk yang menarik dengan peralatan sederhana seperti smarthphone. Pemilik UMKM juga dapat memanfaatkan berbagai barang sederhana atau tidak terpakai sebagai alat, seperti kardus berkas, kertas polos dan masih banyak lagi.

Berikut tips membuat foto produk yang menarik untuk UMKM menggunakan smartphone secara sederhana dari Rof Rafael.

1. Tentukan Tema

Sebelum mulai memotret, ada baiknya untuk mencari referensi tema foto produk dari berbagai sumber. Hal ini dapat membantu pemilik UMKM untuk menentukan tema foto yang menarik dan cocok dengan produk yang dijual.

Jangan lupa perhatikan komposisi, pencahayaan, dan angle pengambilan gambar dari foto-foto tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Cahaya yang Cukup

2. Gunakan Cahaya yang Cukup

Pencahayaan yang cukup dapat membuat foto produk terlihat lebih jelas dan menarik. Pemilik UMKM bisa menggunakan pencahayaan alami atau pencahayaan buatan.

Jika menggunakan pencahayaan alami, kamu bisa memotret produk di luar ruangan pada pagi atau sore hari. Jika menggunakan pencahayaan buatan, kamu bisa menggunakan lampu kilat atau lampu studio.

4. Perhatikan Angel dan Tata Letak

Menurut Roy Rafael, jangan hanya memotret produk dari satu angle saja. Ambil foto produk dari berbagai sudut agar calon pembeli dapat melihat produk Anda dengan lebih jelas.

Kamu bisa memotret produk Anda dari atas, bawah, samping, atau depan. Selain itu, foto produk yang bagus dengan bakcground yang rapih dan tertata.

Kamu juga bisa mencoba foto produk secara candid, misalnya pada sepatu olahraga yang sedang digunakan untuk aktivitas outdoor. Fokus utama tetap ada pada produk yang ingin ditampilkan, tetapi cara pengambilannya saja yang berbeda dengan memanfaatkan situasi yang apa adanya.

5. Edit Foto Agar Semakin Menarik

Pemilik UMKM bisa menggunakan aplikasi edit foto untuk meningkatkan kualitas foto produk. Namun, jangan berlebihan dalam mengedit foto agar produk tetap terlihat realistis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.