Sukses

Deteksi Dini Malaria di Papua ala Ritel Modern

Pada 2023, kasus malaria di Jayapura masih menjadi masalah kesehatan yang serius.

Liputan6.com, Papua - PT Midi Utama Indonesia Tbk menjalankan program pemeriksaan kesehatan gratis bekerja sama dengan Puskemas Koya Barat di gerai Alfamidi Koya Barat 3, Jayapura, Papua Barat. Sebanyak 100 orang mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan tersebut yang berasal dari masyarakat sekitar gerai.

Menurut Branch Manager Alfamidi Cabang Makassar yang juga mencakup area Jayapura, Yudian Nur, menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi wujud kepedulian sosial terhadap masyarakat sekitar gerai.

"Targetnya adalah masyarakat yang membutuhkan untuk mendapat akses pemeriksaan kesehatan secara gratis," ujarnya pada Selasa (10/10/2023).

Acara pemeriksaan itu sendiri berlangsung pada 5 Oktober 2023 lalu. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan di antaranya adalah gula darah, asam urat, kolesterol, dan malaria.

Khusus malaria, pemeriksaan ini menjadi langkah deteksi dini untuk mencegah gejala malaria yang timbul sekitar 10  sampai 15 hari setelah gigitan nyamuk. Pada 2023, kasus malaria di Jayapura masih menjadi masalah kesehatan yang serius.

"Mereka yang mendapatkan pemeriksaan juga diharapkan menjadi lebih sadar akan semakin menjaga kesehatannya agar ke depan bisa tetap beraktivitas produktif," kata Yudian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.