Sukses

Berlibur ke Pulau Oar Pandeglang, Pulau Mini nan Menawan di Ujung Kulon

Pulau Oar adalah salah satu pulau mini yang terletak di ujung Kulon, dengan nuansa indah yang sangat cocok dijadikan tempat wisata.

Liputan6.com, Jakarta - Di ujung barat Provinsi Banten, terdapat sebuah permata tersembunyi yang belum banyak diketahui orang, Pulau Oar. Pulau ini terletak di Kabupaten Pandeglang dan menawarkan pesona alam yang cocok untuk wisata keluarga maupun sahabat. Mari kita telusuri lebih jauh tentang keindahan dan keunikan Pulau Oar Pandeglang.

Pulau Oar Pandeglang adalah surga bagi para pecinta alam. Pantainya yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih menawarkan pengalaman berlibur yang sempurna bagi pengunjung yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Keindahan laut di sekitar pulau ini membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk snorkeling dan menyelam. Terumbu karang yang indah dan keanekaragaman hayati bawah laut yang menakjubkan menjadikan Pulau Oar sebagai tempat yang sangat diminati oleh para penyelam.

Selain keindahan pantai, Pulau Oar juga menawarkan hutan lebat yang dapat dijelajahi oleh para pecinta alam. Aktivitas hiking dan trekking menjadi populer di sini, mengantarkan Anda melalui pemandangan alam yang menakjubkan dan menciptakan pengalaman berpetualang yang tak terlupakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rute Perjalanan dan Fasilitas

Anda tidak perlu khawatir mengenai kebersihannya karena dipastikan selalu dalam kondisi bersih. Yang perlu ditingkatkan adalah kesadaran pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan, mengingat telah disediakan tempat sampah di seluruh area wisata. Anda juga dapat ikut berperan dalam menjaga kebersihan destinasi wisata ini, meskipun belum ada pengelolaan resmi.

Apabila perjalanan dimulai dari pusat Kota Serang, maka diperlukan waktu sekitar 5 jam perjalanan darat untuk mencapai destinasi awal. Setelah itu, perjalanan akan dilanjutkan menuju Labuan, dengan akhir tujuan di Desa Sumur.

Tidak adanya tarif tiket masuk terlihat pada destinasi wisata pulau mini ini. Para wisatawan hanya diminta untuk membayar biaya penyeberangan kepada nelayan yang menyewakan perahu. 

Anda dapat menyewa perahu untuk perjalanan pulang-pergi dan mendapatkan izin berkemah dengan harga 500 ribu rupiah untuk kapasitas hingga 9 orang. Sementara jika hanya ingin menyewa perahu untuk perjalanan pulang-pergi, Anda akan dikenakan biaya 250 ribu rupiah dengan kapasitas hingga 10 orang.

Dari Desa Sumur, para pengunjung perlu melanjutkan perjalanan dengan menyeberang menggunakan perahu. Waktu yang diperlukan untuk mencapai Pulau Oar melalui penyeberangan ini adalah sekitar 15 hingga 20 menit.

3 dari 3 halaman

Tips Berlibur Ke Pulau Oar

Ketika Anda merencanakan perjalanan ke Pulau Oar, Pandeglang, penting untuk mempertimbangkan persediaan makanan Anda juga. Selain mengikuti tips perjalanan seperti perencanaan yang baik, mengecek cuaca, dan menjaga kebersihan, Anda juga harus memikirkan makanan yang akan Anda bawa.

Pulau ini mungkin memiliki akses terbatas terhadap toko atau restoran, jadi membawa persediaan makanan yang cukup adalah ide yang bijak. Pastikan Anda membawa makanan yang tahan lama, seperti makanan kaleng, makanan ringan, dan air minum yang cukup. Ini akan membantu Anda menjaga energi selama perjalanan dan menghindari kelaparan di tengah-tengah petualangan Anda di Pulau Oar. Selain itu, pastikan untuk membawa tas sampah untuk membuang sampah dengan benar dan menjaga kebersihan pulau ini. Dengan perencanaan yang matang, Anda akan dapat menikmati perjalanan Anda tanpa khawatir kekurangan makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.