Sukses

Berlibur ke Hutan Wisata De Djawatan Banyuwangi, Serasa Berkeliling ke Hutan Fangorn The Lord of the Rings

Kawasan ini digunakan sebagai Tempat Penimbunan Kayu (TPK) dari hasil pengelolaan hutan milik Perhutani di Banyuwangi bagian selatan.

Liputan6.com, Banyuwangi - De Djawatan merupakan sebuah kawasan hutan teduh yang ditumbuhi pepohonan trembesi raksasa. Kawasan hijau ini berlokasi di Purwosari, Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

Selain indah, pepohonan trembesi di kanan dan kiri seolah menambah kesan magis di wilayah ini. Meski demikian, hal itu tak mengurangi keindahan yang lebih dominan dari De Djawatan Banyuwangi.

Beberapa orang menyebut, memasuki kawasan De Djawatan serasa dibawa ke dalam setting film The Lord of the Rings. Pepohonan besar, lebat, dan kesan angker akan mengingatkan para pengunjung pada Hutan Fangorn di film tersebut.

Sebelum populer sebagai De Djawatan, kawasan ini dahulu dikenal sebagai Jawatan Benculuk. Djawatan merupakan hutan lindung yang dikelola oleh Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, sedangkan Benculuk adalah nama desa di Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

Konon, lokasi ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Kawasan ini digunakan sebagai Tempat Penimbunan Kayu (TPK) dari hasil pengelolaan hutan milik Perhutani di Banyuwangi bagian selatan.

Karena sudah ada sejak lama, keberadaan pohon-pohon trembesi di kawasan ini pun diperkirakan sudah berusia antara 100 hingga 150 tahun.

Untuk menuju ke De Djawatan, pengunjung hanya perlu menempuh 100 meter perjalanan ke selatan dari pertigaan kantor Samsat Benculuk. Kawasan ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Saat berada di De Djawatan, pengunjung bebas mengambil foto di berbagai spot menarik. Selain itu, hutan wisata De Djawatan juga menyediakan banyak atraksi lainnya.

Pengunjung bisa berkeliling di area De Djawatan dengan menaiki kuda sewaan atau andong. Selain itu, ada juga arena bermain offroad untuk anak-anak dengan dua pilihan, yakni menggunakan motor trail mini atau roda empat dengan ATV.

De Djawatan bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata Banyuwangi bersama keluarga, teman, atau pasangan. Kawasan ini juga sangat cocok dijadikan lokasi healing di akhir pekan karena menawarkan kesan asri yang menenangkan pikiran dan hati.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini