Sukses

Saat Pelaku UMKM di Tapanuli Utara Video Call dengan Ganjar Pranowo

Kegiatan diskusi bertujuan memberikan pelatihan dan membagi pengalaman dari para entrepreneur nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas Tugiman ID bersama Kedan Ganjar menggelar diskusi dengan tajuk “UMKM Naik Kelas” di Tona Caffe and Resto Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pada Sabtu (23/9/2023). Acara yang dihadiri oleh 35 UMKM dari wilayah Tapanuli Utara dan Toba itu turut menghadirkan Calon Presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo secara daring.

Adapun kegiatan diskusi bertujuan memberikan pelatihan dan membagi pengalaman dari para entrepreneur nasional seperti Paulus Lubis dan Jesral Tambun. Selain itu, turut hadir Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dan Ketua TPKK Tapanuli Utara Ibu Sartika Simamora yang juga turut memberikan pengalaman dan informasi program pemerintah yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM Tapanuli Utara.

Menurut Nikson Nababan, tantangan UMKM lokal dalam pengembangan seperti akses dan produksi yang belum maksimal, namun di sisi lain infrastruktur untuk mendukung UMKM terus diupayakan. Sejauh ini, Nikson melihat persoalan pemasaran masih terus diupayakan untuk dapat lebih maksimal.

“Saya melihat masa depan UMKM yang ada di Taput sudah semakin baik dari tahun ke tahun, ada sekitar 2.300an UMKM yang telah dibina dan dibantu oleh Pemerintah Taput, sehingga saya berharap para pelaku UMKM saat ini dapat berkembang dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yang lebih luas. Di Sisi legalitas juga amat penting untuk diperhatikan untuk mempermudah mengakses permodalan berupa KUR,” ujar Nikson.

Sementara itu, Capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dalam video call langsung menyapa para peserta diskusi. “Halo teman-teman, bapak ibu pelaku UMKM yang ada di Tapanuli, saya selama menjadi Gubernur juga ikut fokus menangani banyak UMKM di Jawa Tengah,” kata Ganjar menyapa para peserta.

Ganjar mengungkapkan, Pemerintah Jawa Tengah telah memberikan akses yang lebih memudahkan UMKM dengan akses KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang sudah dimanfaatkan dengan baik.

“Saudara sekalian juga saya ingatkan soal inovasi itu hal yang paling penting dalam UMKM, dan yang terakhir memperkuat jejaring antar UMKM agar muncul perputaran bisnis yang baik,” ucapnya.

Paulus Lubis sebagai pelaku entrepreneur yang beraktivitas di Jakarta dan juga sebagai Kedan Ganjar juga turut memberikan pengalaman selama menjadi entrepreneur.

“Memulai Usaha itu bukan sesuatu hal yang mudah namun amat sangat bisa dilakukan, saya sebagai anak kampung yang merantau ke Jakarta juga sampai saat ini menemui banyak tantangan,” kata dia.

“Namun dengan kreativitas, inovasi, dan jejaring yang kuat tantang itu akan sedikit lebih mudah di lewati, saya melihat dari capres yang ada pak Ganjar satu-satunya yang memiliki pengalaman dalam UMKM, bagaimana kemudian pak Ganjar membuat Lapak Ganjar dan telah memberikan bukti nyata bisa memberikan perbaikan ekonomi terhadap pelaku UMKM di Jawa Tengah, dan saya yakin apabila pak Ganjar dapat memimpin Indonesia 2024 mendatang maka ada harapan yang konkrit untuk para pelaku UMKM,” tutur Paulus menambahkan.

TugimanID dan Kedan Ganjar yang melaksanakan diskusi “UMKM Naik Kelas” berharap melalui kegiatan ini para penggiat UMKM di wilayah Tapanuli semakin giat dalam mengembangkan usahanya secara mandiri dan berkualitas sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan taraf ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini