Sukses

Fakta Unik Taman Sari, Wisata Sejarah Jadi Bangunan Ikonik Yogyakarta

Taman Sari sebelumnya digunakan sebagai tempat istirahat dan rekreasi bagi keluarga kerajaan

Liputan6.com, Jakarta - Taman Sari, yang juga dikenal sebagai Water Castle dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I dari Kesultanan Yogyakarta pada abad ke-18. 

Dirangkum dari berbagai sumber, Taman Sari sebelumnya digunakan sebagai tempat istirahat dan rekreasi bagi keluarga kerajaan serta tempat untuk mengadakan upacara keagamaan dan sosial. 

Taman Sari merupakan sebuah kompleks bekas istana yang berlokasi di kota Yogyakarta, Indonesia. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Yogyakarta dan menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya.

Komplek Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. 

Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. 

Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Kawasan Selatan Taman Sari menampilkan kesan romantis dengan kolam-kolam yang luas dan taman-taman yang hijau. Salah satu daya tarik utama adalah Gua Sumur Gumuling yang menarik perhatian dengan tangga berliku dan ceruk-ceruk kecil yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air di masa lalu.

SImak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mata Air Pegunungan

Salah satu ciri khas Taman Sari adalah keberadaan sistem mata air alami yang mengalir dari Gunung Merapi. Sistem ini memasok air untuk kolam-kolam dan paviliun-paviliun yang ada dalam kompleks istana. 

Keunikan kolam-kolam yang beragam menghadirkan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, baik untuk berfoto maupun bersantai menikmati suasana sekitar.

Taman Sari menjadi warisan budaya yang berharga bagi masyarakat Yogyakarta. Selain menjadi bukti arsitektur istana yang memukau, tempat ini juga mengandung banyak cerita dan nilai sejarah yang berharga bagi generasi saat ini dan mendatang. 

Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati kearifan lokal yang masih terjaga dengan baik di sekitar kompleks Taman Sari.

Selain menjelajahi keindahan arsitektur dan sejarah, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan menarik di Taman Sari. 

Berfoto di sela-sela bangunan bersejarah, berkeliling taman yang hijau. Pengunjung bisa enjajal kuliner lokal yang lezat adalah beberapa aktivitas yang akan membuat kunjungan Anda semakin berkesan.

Dengan keindahannya yang memesona dan sejarahnya yang kaya, Taman Sari Yogyakarta menjadi destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta. 

Kunjungi dan nikmati pesona magis dari kompleks istana yang memikat ini. Taman Sari akan membawa Anda dalam perjalanan melintasi masa lalu dan menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.