Sukses

Sajikan Keindahan Alam yang Memukau, Berikut 5 Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Bagi Anda pendaki pemula, harus memperhatikan keseiapan fisik dan mental sebelum melakukan pendakian.

Liputan6.com, Jakarta - Menikmati alam dari ketinggian dengan hamparan pemandangan yang indah pastinya menjadi mimpi bagi banyak orang, terutama yang sangat menyukai tantangan.

Namun, untuk menuju puncak terkadang pendaki harus menempuh jalur dan medan yang sulit serta harus memiliki pengalaman serta kesiapan mental.

Namun jangan khawatir, bagi Anda pendaki pemula terutama yang ingin mengkibarkan bendera merah putih di momen Hari Ulang Tahun RI yang ke-78 mendatang, berikut Liputan6.com rangkum 5 gunung yang cocok untuk pendaki pemula.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Gunung Prau, 2.565 MdPL

Bagi Anda yang sedang berlibur di Jawa Tengah dan berencana menikmakti keindahan alam dari ketinggian dimomentum HUT RI ke-78 mendatang, Gunung Prau menjadi salah satu rekomendasi yang cocok bagi pendaki pemula dengan jalur yang relatif mudah.

Gunung ini berada di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosbo Jawa Tenggah tepatnya diperbatasan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo dengan ketinggian puncak mencapai 2.565 mdpl. Di gunung ini ada dua jalur pendakian favorite para pendaki, pertama melalui jalur Dieng ataupun Petakbenteng, kedua melalui jalur yang cenderung relatif lebih santai yaitu jalur pendakian via Dieng.

Puncak tertinggi di Dieng ini menyimpan sejuta keindahan alam yang populer di kalangan pendaki, salah satunya pemandangan Kota Wonosobo serta Bukit Teletubbies dengan jarak tempuh menuju puncak dari jalur pendakian membutuhkan waktu kurang lebih 3-4 jam perjalanan.

3 dari 6 halaman

Gunung Nglanggeran, 700 MdPL

Daerah Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai kota pendidikan, kuliner serta kota yang kental akan sejarah, tetapi juga menyayikan pemandangan yang indah dari ketinggian. Salah satunya adalah Gunung Nglanggeran yang berada dikawasan di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

Menuju puncak, pendaki membutuhkan jarak tempuh lebih kurang 2 jam perjalanan. Gunung purba ini berada di ketingian sekitar 700 mdpl di atas permukaan laut.

Gunung ini sangat cocok bagi pendaki pemula karena medannya yang landai, dan semakin mendaki puncak akan terlihat pemadangan Yogyakarta yang indah di sepanjang perjalanan, terutama dinikmati ketika cuaca cerah.

 

 

4 dari 6 halaman

Gunung Penanggungan, 1.653 MdPL

Bagi Anda pemula dan tetap ingin merasakan suasana mendaki gunung dan menikmati sunrise bersama sahabat ataupun keluarga, jangan lewatkan untuk mendaki gunung Penanggungan. Gunung ini berada di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Meskipun dikenal dengan jalur pendakian yang relatif mudah, Anda tetap harus berhati-hati saat mendaki karena gunung yang satu ini memilki kemiringan mencapai 65 derajat dengan tinggi 1.653 mdpl.

5 dari 6 halaman

Gunung Batur, 1717 MdPL

Bila Anda yang sedang berlibur di Bali dan bosan dengan suasana pantai, Gunung Batur menjadi rekomendasi yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Gunung ini berada di daerah Kintamani, Kabupaten Bangli dengan ketinggian 1717 mdpl dan tergolong ramah bagi pendaki pemula. Objek wisata yang ditonjolkan di gunung ini indahnya Danau Batur yang memesona.

Jika Anda berkesempatan untuk mendaki gunung ini, jangan lewatkan berburu sunrise, karena gunung ini menjadi salah satu spot terbaik menikmati sunrise dari ketinggian yang berada di Bali.

 

 

6 dari 6 halaman

Gunung Andong, 1762 MdPL

Gunung berikutnya yang cocok bagi pendaki pemula yaitu Gunung Andong yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Gunung yang satu ini menjadi rekomendasi yang tepat bagi Anda yang ingin mendaki tanpa harus membuang banyak energi, karena gunung memilki ketinggian 1.762 mdpl dengan jarak tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalan saja.

Meskipun terbilang gunung yang tidak terlalu tinggi, Anda jangan khawatir, gunung ini tetap menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Di Gunung ini, daya tarik utama pendaki adalah panoroma puncaknya yang indah. Saat sampai dipuncak Anda bisa tepian jurang yang ditumbuhi hijaunya rerumputan liar sisi kiri dan kanan.

Itulah lima rekomendasi gunung yang cocok untuk pendaki pemula, bagi yang Anda yang ingin mendaki tetap utamakan keselamatan serta patuhi aturan yang ada, dan yang terpenting jangan sesekali meninggalkan sampah di lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.