Sukses

6 Alun-Alun di Jawa Barat yang Cocok sebagai Tempat Bersantai untuk Berakhir Pekan

Alun-alun menjadi sebuah ruang publik yang bisa dimanfaatkan untuk beragam jenis kegiatan.

Liputan6.com, Bandung - Akhir pekan selalu menjadi liburan yang sangat dinantikan banyak orang, tidak hanya orang dewasa yang bisa rehat dari aktivitas kerja, tetapi juga anak sekolah yang juga bisa melepas sejenak dari urusan belajar.

Mengisi akhir pekan, kebanyakan orang menghabiskan waktu mereka bersama keluarga atau orang-orang tersayang hingga melakukan aktivitas mulai dari pergi berlibur ke alam hingga jalan-jalan ke alun-alun.

Alun-alun menjadi sebuah ruang publik yang bisa dimanfaatkan untuk beragam jenis kegiatan. Biasanya masyarakat sering menjadikan alun-alun sebagai tempat rekreasi, olahraga, bazar hingga mengahabiskan waktu bersama keluarga.

Bagi Anda yang berdomisili di Jawa Barat, berikut Liputan6.com rangkum enam alun-alun yang tepat untuk bersantai di akhir pekan di sejumlah wilayah di Jawa Barat:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Alun-Alun Kota Bandung

Bandung bisa dikatakan sebagai daerah yang banyak menyedikan tempat wisata, baik yang mewah dan mahal sampai yang terjangkau bahkan gratis. Salah satu tempat wisata yang tidak menguras kantong adalah Alun-Alun Bandung, tempat ini terbuka untuk siapa saja.

Ruang publik yang berlokasi di Jalan Asia Afrika, Balonggede, Regol, Bandung, Jawa Barat ini selalu ramai dikunjungi baik oleh warga sekitar ataupun wisatawan lokal dan mancanegara. Alun-Alun ini sngat tepat bagi Bunda yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan memboyong anak-anak karena memiliki lapangan rumput sintetis yang luas serta tersedia juga area bermain anak lengkap dengan wahana permainan edukatif.

3 dari 7 halaman

Alun-Alun Kota Bogor

Alun-Alun Kota Bogor dibangun di atas lahan seluas 1,7 hektare yang baru diresmikan oleholeh Gubernur Jawa Barat Ridwan pada 17 Desember 2021 lalu yang memiliki desain modern mirip konsep ruang terbuka di negara Eropa, serta juga dilengkapi sederet fasilitas seperti area olahraga dan tempat bermain.

Anda dapat menjumpai alun-alun ini Jalan Kapten Muslihat No.17 A, RT.04/RW.06, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Di sini Anda juga akan menemukan deretan pedagang kaki lima dengan harga yang terjangkau.

4 dari 7 halaman

Alun-Alun Kabupaten Sumedang

Alun-Alun ini semakin dipercantik pada tahun 2021, dari semula yang hanya ditumbuhi rerumputan dan pepohonan disekelilingnya kini alun alun-alun ini telah berubah menjadi taman, kolam, serta tempat permainan anak. Apabila datang ketempat ini pada malam hari, mata Anda akan disejukan dengan lampu lampu Alun-Alun Sumedang yang terlihat terlihat cantik.

Pada bagian tengah tempat ini juga terdapat bangunan berupa Monumen yang dikenal dengan Monumen Lingga yang berupa peninggalan jaman kolonial Belanda yang didirikan pada Tahun 1922. Alun-Alun yang satu ini dapat Anda temui Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

 

5 dari 7 halaman

Alun-Alun Kota Bekasi

Bagi Anda yang tinggal di Bekasi sudah tidak asing dengan Alun-alun Kota Bekasi. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin bersantai baik remaja hingga orang tua yang mengajak main buah hatinya.

Alun-alun Sumaedang beralamat di Jalan Pramuka No.59, RT.006/RW.006, Marga Jaya, Kecamatan. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat yang di dalam Alun-alun kota Bekasi juga terdapat sebuah monumen bernama Monumen Perjuangan Rakyat. Monumen ini diresmikan pada 5 Juli 1955 yang diprakarsai dan dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi. Monumen ini adalah dalam rangka menyambut HUT ke-10 Kemerdekaan RI dan HUT ke-5 Kabupaten Bekasi pada tahun 1955.

Tempat publik ini menjadi rekomendasi paling tepat bagi Anda yang beragama Islam untuk mengahabiskan akhir pekan karena lokasinya berdekatan dengan Masjid Agung Al Barkah, jadi tidak perlu khawatir lagi jika ingin bersantai tanpa harus takut ketinggan salat lima waktu.

6 dari 7 halaman

Alun-Alun Kabupaten Majalengka

Alun-alun Majalengka ini berlokasi di Jalan Alun-Alun Barat, Majalengka Kulon, Kecamatan Majalengka dan juga berdekatan Masjid Agung Al-Imam Majalengka. Alun-Alun ini revitalisasinya diresmikan Gubernur Ridwan Kamil pada 21 April 2021 dengan warna bagunan yang didominasi warna khas terakota atau batu bata merah.

Selain itu, disediakan lapangan rumput sintetis yang membuat alun-alun ini menjadi lebih nyaman apabila dikunjungi bersama keluarga.

 

 

7 dari 7 halaman

Alun-Alun Kabupaten Kuningan

Alun-alun ini dapat Anda jumpai Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Akses yang mudah dan letaknya yang berada dijantung Kota Kuningan membuat alun-alun ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Pada bagian depan alun-alun ini Anda akan disuguhkan dengan sebuah kolam air mancur dengan tiga patung kuda yang menjadi simbol Kabupaten Kuningan. Kemudian pada bagian dalamnya juga terdapar area amphiteater yang difungsikan sebagai tempat pertunjukan. Sementara di bagian belakang, terdapat food court yang menjajakkan berbagai macam kuliner hingga area khusus untuk pelaku UMKM.

Itulah enam alun-alun yang Liputan6.com rangkum untuk Anda. Selama berada dialun-alun tetapkan perhatikan barang bawaan dan teruntuk Bunda yang menghabiskan akhir pekan dengan memboyong anak-anak ke alun-alun selalu pastikan anak beranda dalam pengawasan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diiginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini