Sukses

Lokasi Syuting Ngeri-ngeri Sedap, Desa Wisata Hariara Pohan Samosir Masuk 75 Besar ADWI 2023

Desa Wisata Hariara Pohan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) yang mengandalkan wisata Bukit Holbung menembus 75 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Liputan6.com, Samosir Desa Wisata Hariara Pohan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) yang mengandalkan wisata Bukit Holbung menembus 75 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekrat/Kabaparekrat) Sandiaga Uno mengapresiasi Desa Wisata Hariara Pohan karena menembus 75 besar ADWI 2023.

Dalam kunjungannya ke Desa Wisata Hariara Pohan pada Kamis, 20 Juli 2023, Sandiaga Uno mengatakan, keindahan Bukit Holbung tidak hanya menjadi tempat wisata, tapi juga menjadi lokasi syuting film “Ngeri-ngeri Sedap”.

Film Ngeri-ngeri Sedap ini berkisah tentang keluarga yang dikemas dengan mengangkat adat dan budaya Batak dan menampilkan keindahan Danau Toba.

"Saya juga apresiasi film Ngeri-ngeri Sedap yang telah membawa begitu banyak wisatawan ke Bukit Holbung ini. Harapan saya, ini akan membawa pengalaman yang indah dalam berwisata juga berkelanjutan lingkungan dengan konsep pariwisata hijau," kata Sandiaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Situs Budaya

Desa Wisata Hariara Pohan juga memiliki salah satu situs budaya yang berumur ratusan tahun, yang dinamai Huta Simarmata. Di dalam Huta Simarmata ini wisatawan akan melihat rumah adat Batak yang berumur ratusan tahun, serta sarkofagus yang sudah berumur ratusan tahun.

Sandiaga Uno berharap, Desa Wisata Hariara Pohan bisa terus berkembang mulai dari sisi atraksi, amenitas, dan aksesbilitasnya.

"Jadi, harus ada event yang dikembangkan, karena ini sudah ada Ngeri-ngeri Sedap, mungkin bisa juga adanya festival film bulanan memang yang kita gagas, kita pusatkan di Hariara Pohan," ucapnya.

Berkaitan dengan kelengkapan infrastruktur seperti tempat parkir dan ametinasnya, seperti kelengkapan pusat UMKM dan homestay, juga telah direview dan sangat layak.

"Mudah-mudahan ini bisa mendapatkan pertimbangan bagi dewan juri dan mendapatkan hasil yang maksimal," Sandiaga menuturkan.

3 dari 3 halaman

Target Juara

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom, berharap setelah ditetapkannya Desa Wisata Hariara Pohan masuk 75 besar ajang ADWI 2023, maka bisa lanjut memenangkan juara 1 ADWI 2023.

"Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Bapak Menteri yang terus berkomitmen memajukan pariwisata, khususnya pariwisata di Kabupaten Samosir, di Desa Wisata Hariara Pohan. Mudah-mudahan Desa Wisata Hariara Pohan dapat menjadi juara satu dalam ADWI 2023," Vandiko menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini