Sukses

Sosok Rosan Roeslani di Mata Erick Thohir, Wamen BUMN Baru yang Ditunjuk Jokowi

Posisi Rosan Roeslani ini menggantikan Pahala Nugraha Mansury yang diangkat oleh Jokowi untuk menduduki posisi Wakil Menteri Luar Negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Rosan Perkasa Roeslani ditunjuk sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 17 Juli 2023. Posisi Rosan Roeslani ini menggantikan Pahala Nugraha Mansury yang diangkat oleh Jokowi untuk menduduki posisi Wakil Menteri Luar Negeri.

Rosan dilantik pada acara Reshuffle Kabinet di Istana Negara, Senin (17/7/2023). Sebelum dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN, Rosan merupakan Dubes RI untuk Amerika Serikat ke-21.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan. Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Rosan.

Rosan Perkasa Roeslani adalah seorang pengusaha dan diplomat Indonesia yang lahir pada 31 Desember 1968. Dia merupakan chairman dari Recapital Group, sebuah perusahaan konsultan keuangan yang ia dirikan pada 1997 bersama dengan dua pengusaha lainnya.

Kiprahnya sebagai pengusaha juga sempat dikenal sebagai salah satu pemilik klub sepakbola Inter Milan, bersama Erick Thohir dan Handy Soetedjo. Ketiganya sempat memiliki saham il Nerazzurri sebesar 70 persen.

Sebelum terjun ke dunia bisnis, Rosan menempuh pendidikan Management, General Business and Finance di Oklahoma State University (Amerika Serikat/AS). Ia juga meraih gelar MBA (Master of Business Administration) dan MA (Master of Arts) di Antwerp European University dengan predikat cumlaude.

Rosan dikenal atas kesuksesannya dalam membangkitkan kembali perusahaan dan bisnis selama krisis ekonomi di Indonesia pada akhir 1990-an.

Selain itu, Rosan Roeslani juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia periode 2015-2020.

Rosan Roeslani memiliki pengalaman dalam analisis mata uang asing dan pernah menjabat sebagai Komisaris untuk beberapa perusahaan, seperti PT Visi Media Asia Tbk., Saratoga Investama Sedaya, dan Mahaka Media tbk. Ia juga merupakan Non-executive Director di Bumi Plc dan Founder serta Chairman Amanah Recapital Foundation.

Sebagai seorang pengusaha ulung, Rosan pernah masuk ke dalam jajaran orang terkaya versi majalah Forbes Asia pada 2009. Ia juga terjun ke dunia politik dan menjadi bagian dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin pada kampanye Pilpres 2019-2024.

Dengan pengalaman dan prestasi yang dimilikinya, Roeslani diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam memajukan sektor BUMN di Indonesia selama menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir: Tak Perlu Dipertanyakan Kredibilitasnya

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan, Rosan Roeslani yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN II akan melanjutkan arah transformasi Kementerian BUMN. Rosan Roeslani terbukti memiliki pengalaman untuk mendorong BUMN untuk berkiprah sebagai pemain global.

"Bapak Rosan Roeslani sudah tidak perlu lagi dipertanyakan kredibitas dan kapabilitasnya," ujar Erick

Erick meyakini, Rosan di sektor industri hingga jabatan terakhirnya sebagai Duta Besar AS akan memberikan warna baru dalam upaya transformasi BUMN ke depan.

"Harapan kita hal ini akan semakin menguatkan upaya BUMN untuk go global," kata Erick.

Saat ini, Wakil Menteri BUMN I dijabat oleh Kartika Wirjoatmodjo, di mana sebelumnya ia menduduki posisi Wakil Menteri BUMN II.

Awalnya Wakil Menteri BUMN I dijabat oleh Pahala Nugraha Mansury yang kini mengemban tugas menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini