Sukses

Cara Berbakti Kepada Orangtua yang Telah Wafat

Setiap anak wajib untuk berbakti kepada kedua orangtuanya termasuk kepada orangtua yang telah wafat.

Liputan6.com, Bandung - Setiap anak tentunya wajib untuk berbakti kepada orang yang telah membesarkan kita sepenuh hati dengan seluruh tenaganya. Dalam agama Islam, kita sebagai anak wajib untuk berbakti kepada orangtua.

Perintah untuk berbakti kepada orangtua terdapat dalam firman Allah SWT yaitu dalam surat Al Ankabut 29:8 berikut ini:

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حُسْنًا

Artinya: “Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya”.

Jika orang tua kita telah wafat atau sudah tidak ada, kita masih harus berbakti kepadanya dengan beberapa cara. Bahkan Rasulullah SAW pun menjawab bagaimana berbakti kepada orangtua yang telah wafat.

 قال : نَعَمْ، الصَّلاةُ عَلَيْهِما والِاسْتِغْفارُ لَهُما وإنْفاذُ عَهْدِهِما وإكْرامُ صَدِيقِهِما وصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِي لا تُوصَلُ إلّا بِهِما

Artinya: “Ya, dengan cara mendoakan keduanya, memintakan ampun, melaksanakan wasiatnya, memulyakan rekan keduanya, dan menyambung silaturahmi yang tak dapat dilaksanakan kecuali dengan keduanya” (Syekh Said al-Qasimi, Mau’idzh al-Mu’minin, halaman: 165).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Contoh Cara Berbakti

Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk berbakti kepada orang tua yang telah wafat seperti berikut ini:

1. Mendoakan orangtua

Sebagai anak cara pertama yang dapat kita lakukan setiap waktu adalah dengan memberikan doa kepadanya. Kita dapat berdoa setiap waktu untuk kepada orangtua dan seperti diketahui doa dari anak yang salah merupakan doa yang tidak akan pernah terputus pahalanya.

Maka dari itu jika kita mengirimkan doa kepada orangtua adalah salah satu cara berbakti kepada orang tua yang sangat baik. Bahkan doa ini merupakan amal yang akan terus mengalir kepada orang tua baik yang telah wafat.

2. Melaksanakan wasiat atau keinginan orangtua

Adapun cara lainnya untuk berbakti kepada orangtua adalah dengan melaksanakan wasiat atau nazar yang pernah dibuat oleh orangtua ketika hidup. Sehingga jika terdapat keinginan yang ingin dikabulkan oleh orangtua kita sebagai anak dapat membantunya dengan melaksanakannya sebagai salah satu cara berbakti.

3. Menyambung silaturahmi

Cara ketiga yang dapat kita lakukan untuk berbakti kepada orangtua yang telah wafat bisa dengan cara mempertahankan silaturahmi dengan keluarga orangtua. Karena jika kita menyambung silaturahmi kita turut menjaga silaturahmi tersebut mewakili kedua orangtua kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini