Sukses

BTS Rilis Buku Beyond the Story Tepat di HUT ARMY, Ini Isinya 

Perilisan buku tersebut bertepatan dengan terbentuknya fanbase resmi mereka, ARMY.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menggeluti dunia idol selama 10 tahun, tentu tak dilalui dengan mulus oleh grup Kpop BTS. Perjalanan ketujuh member dalam bermusik tersebut pun telah dirangkum dalam sebuah buku bertajuk 'Beyond the Story: 10 Year Record of BTS'.

Buku 'Beyond the Story' telah resmi dirilis pada Minggu (9/7/2023). Perilisan buku tersebut bertepatan dengan terbentuknya fanbase resmi mereka, ARMY.

Buku tersebut diperkirakan memiliki 544 halaman. Pada bagian depan juga terdapat beberapa foto ekslusif dari para member.

Buku ini secara orisinil terbit dalam bahasa Korea. Namun, tak perlu khawatir karena juga telah tersedia versi terjemahan ke dalam bahasa Inggris dari Flatiron yang dipimpin oleh Anton Hur bekerja sama dengan Clare Richards dan Slin Jung.

Selain itu, buku ini juga akan terbit di Indonesia dalam bahasa Indonesia. Buku 'Beyond the Story' versi bahasa Indonesia akan diterbitkan oleh TransMedia Pustaka.

Secara keseluruhan, buku 'Beyond the Story' ditulis oleh jurnalis Kang Myeongseok dan para member BTS. Dalam buku tersebut diceritakan bagaimana BTS menjalani kehidupan bermusik sejak pre-debut dari agensi kecil yang dipandang sebelah mata dan diremehkan hingga menjadi grup K-pop paling berpengaruh di dunia.

Ditambah lagi ketika RM, Jin, Suga, j-hope. Jimin, V, dan Jungkook diundang ke Gedung Putih untuk berbicara tentang isu anti-Asia atau kejahatan rasial Asia-Amerika di Amerika Serikat. Hal itu menunjukkan bahwa musik BTS juga mempengaruhi berbagai aspek.

Buku ini memuat sekitar 7 chapter. Ketujuh chapter tersebut, di antaranya 'Chapter 1: Seoul', 'Chapter 2: Why We Exist', 'Chapter 3: Love, Hate, ARMY', 'Chapter 4: Inside Out', 'Chapter 5: A Flight That Never Lands', 'Chapter 6: The World of BTS', dan 'Chapter 7: We Are'.

Perjalanan bermusik yang tak mulus tersebut berhasil membawa BTS menjadi grup K-pop pertama yang mendapatkan posisi pertama di chart album Billboard. BTS juga menjadi grup K-pop pertama yang berhasil meraih penghargaan di Billboard Music Awards, American Music Awards, IFPI Awards, dan masuk menjadi nominasi Grammy Awards. BTS juga telah mendapatkan penghargaan internasional dari MTV Europe Music Awards, MTV Video Music Awards, dan lainnya.

Buku 'Beyond the Story: 10-Year Record of BTS' telah tersedia di Amazon sejak 9 Juli 2023. Sementara terjemahan bahasa Indonesia dari TransMedia Pustaka juga sudah bisa dipre-order mulai Minggu, 9 Juli 2023.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini