Sukses

6 Kelebihan Threads Dibandingkan Twitter ala Warganet

Terbaru, Zuckerberg juga mengklaim bahwa platform tersebut sudah meraup 10 juta pendaftaran dalam tujuh jam.

Liputan6.com, Yogyakarta - Threads Instagram adalah fitur terbaru yang dirilis oleh Meta, perusahaan di balik Instagram. Fitur ini memiliki kesamaan dengan Twitter dalam hal memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan publik secara real-time.

Threads Instagram resmi diluncurkan pada tanggal 6 Juli 2023 dan sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia dan lebih dari 100 negara di platform iOS dan Android. Pada hari pertama peluncurannya, Threads memang langsung kebanjiran pengguna.

Terbaru, Zuckerberg juga mengklaim bahwa platform tersebut sudah meraup 10 juta pendaftaran dalam tujuh jam. Lalu apa saja kelebihan Threads dibandingkan Twitter?

Tampilan Sederhana

Tampilan Threads cukup sederhana dengan antarmuka yang didominasi warna hitam dan putih. Di Threads, terdapat lima menu utama, yang meliputi menu halaman lini masa, menu pencarian, menu pembuatan postingan, menu aktivitas, dan menu profil pengguna.

Di menu halaman linimasa, setiap postingan terdapat beberapa tombol tindakan yang mirip dengan di Twitter. Tombol tindakan pada postingan itu meliputi tombol “Reply”, tombol “Repost/Quote”, tombol “Like”, dan tombol “Share”.

Threads juga memiliki fitur untuk filter agar tidak menampilkan postingan dengan kata-kata tertentu di lini masa. Selain itu, masih banyak lagi fitur Threads yang mirip dengan Twitter.

Postingan dengan Karakter yang Lebih Panjang

Kelebihan Threads selanjutnya adalah memungkinkan pengguna untuk membuat postingan dengan karakter yang lebih panjang. Di Threads, semua pengguna bisa membuat postingan sepanjang 500 karakter.

Sementara itu, di Twitter, pengguna biasa atau yang belum terverifikasi (centang biru) hanya bisa membuat postingan sepanjang 280 karakter. Sedangkan, pengguna yang berbayar atau berlangganan Twitter Blue, mereka bisa membuat postingan hingga 4.000 karakter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Postingan Pengguna Biasa Masih Dapat Muncul di Lini Masa Publik

Suara atau postingan orang biasa yang belum centang biru masih bisa dengan mudah muncul di linimasa publik Threads. Postingan pengguna dengan jumlah pengikut yang masih sedikit pun bisa muncul dengan mudah di lini masa publik.

Keterbukaan lini masa ini menjadi kelebihan Threads. Pengguna jadi bisa mendapatkan atau membaca postingan dari berbagai pengguna.

Beda dengan di Twitter, postingan dari pengguna terverifikasi atau Twitter Blue lebih diprioritaskan.

Tak Perlu Repot Buat Akun Baru

Pengguna tidak perlu membuat akun baru, untuk mengakses Threads. Threads terhubung dengan Instagram.

Jadi, pengguna bisa memakai akun Instagram untuk login di Threads. Selain itu, pengguna juga bisa mengimpor profil akun Instagramnya ke Threads.

Fitur "Istirahat Sejenak"

Kelebihan berikutnya adalah Threads mengusung fitur peringatan istirahat sejenak yang sudah ada di Instagram. Lewat fitur ini, pengguna bisa diberikan untuk beristirahat sejenak apabila telah menggunakan Threads dalam kurun waktu tertentu yang bisa dipilih.

Belum Ada Iklan

Kelebihan Threads dibanding Twitter selanjutnya adalah saat ini Threads belum menyediakan layanan pasang iklan. Sehingga, pengguna bisa lebih lega dalam membaca postingan tanpa ada gangguan sisipan iklan seperti yang biasa muncul di Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini