Sukses

Kunjungan Wisman Mulai Ramai Pascapandemi Covid-19, Tim Pora Langkat Perkuat Pengawasan

Pascapandemi Covid-19, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Langkat mulai banyak. Hal ini perlu adanya pengawasan.

Liputan6.com, Langkat Pascapandemi Covid-19, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Langkat mulai banyak. Hal ini perlu adanya pengawasan.

Pada Selasa (27/6/2023) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan menyelenggarakan kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kabupaten Langkat Tahun 2023 di Bukit Lawang, Kecamatan Bohorok, Sumatera Utara (Sumut).

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan koordinasi anggota Tim Pora terhadap keberadaan dan kegiatan warga negara asing di Kabupaten Langkat," kata Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Hendrya Widjaya.

Kegiatan Rapat Tim Pora dihadiri perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Langkat, Kepolisian Sektor Bahorok, Koramil 06/Bahorok, Babinsa Kecamatan Bahorok, Bhabinkamtibmas Kecamatan Bahorok, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser.

Kemudian, Dinas Parawisata Kabupaten Langkat, Perwakilan Kecamatan Bahorok, Kantor Urusan Agama Bahorok, Lurah Desa Pekan Bahorok. Selain itu Rapat Tim Pora ini juga dihadiri oleh 30 pengelola hotel di daerah Kecamatan Bahorok.

Kegiatan Rapat Tim Pora Langkat mengangkat tema "Penguatan Koordinasi Anggota Tim Pora Terhadap Keberadaan dan Kegiatan Warga Negara Asing di Kabupaten Langkat" ini diharapkan dapat membangun sinergitas antar anggota Tim Pora.

"Juga dapat dijadikan wadah untuk saling bertukar informasi, guna memudahkan dalam melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Langkat," sebut Hendrya Widjaya.

Hendrya Widjaya menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi anggota Tim Pora Kabupaten Langkat, dan diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas antaranggota Tim Pora dalam hal peningkatan pengawasan terhadap orang asing.

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada para anggota Tim Pora yang sampai saat ini senantiasa membantu Kantor Imigrasi Medan dalam melakukan penegakan hukum keimigrasian, khususnya dalam hal pengawasan orang asing," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sharing Informasi

Selanjutnya dilaksanakan sesi diskusi serta sharing informasi mengenai isu-isu dan permasalahan terkini terkait orang asing yang ada di wilayah Kabupaten Langkat. Isi-isu dan permasalahan yang dibahas mengenai kegiatan orang asing yang masuk ke wilayah Indonesia, khususnya ke Langkat sejak dibukanya pintu masuk melalui Bandara Kualanamu.

Tidak hanya itu, juga dibahas berbagai hal pascaberakhirnya Covid-19 hingga penyampaian informasi tentang perkawinan campur yang ada di Langkat.

"Dibahas juga pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan orang asing terkait izin keimigrasian dan tenaga kerja asing yang ada di wilayah Langkat," Hendrya Widjaya menjelaskan.

3 dari 3 halaman

Operasi Gabungan

Tidak hanya itu, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan bersama Tim Pora di Kabupaten Langkat juga melaksanakan operasi gabungan dalam rangka pengamanan negara dan penegakkan hukum keimigrasian di wilayah Langkat.

Operasi Gabungan ini diikuti Koramil Bohorok, Babinsa Bohorok, Bhabinkamtibmas Kecamatan Bohorok, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, Dinas Parawisata Kabupaten Langkat, Kecamatan Bohorok.

Kemudian Kantor Urusan Agama Bohorok, Lurah Desa Pekan Bohorok. Sinergi ini diharapkan akan meningkatkan efektifitas pengawasan orang asing yang berada di wilayah Langkat dan sekitarnya.

Kegiatan dipimpin Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Hendrya Widjaya. Tim bergerak melaksanakan operasi gabungan ke beberapa hotel di daerah Bahorok dan sekitarnya yang terdapat orang asing melakukan kegiatan wisata.

"Hasil pengecekan dan peninjauan lapangan, tim tidak menemukan adanya penyalagunaan izin tinggal keimigrasian. Dengan adanya operasi gabungan ini, diharapkan pelanggaran yang dilakukan oleh orang asing dapat diminimalisir," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.