Sukses

Camilan Kekinian Bahan Utama Tepung Tapioka, Jadi Ide Bisnis Rumahan

Aci memiliki sifat pengikat yang baik, sehingga dapat digunakan untuk membuat adonan yang mudah diolah dan dibentuk menjadi berbagai jenis camilan

Liputan6.com, Jakarta - Aci atau tepung tapioka sering digunakan sebagai bahan pembuatan camilan karena memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya cocok. Aci memiliki tekstur kenyal yang unik ketika dimasak.

Tekstur tepung tapioka memberikan sensasi mengunyah yang enak dan menambah kenikmatan saat menyantap camilan. Tekstur kenyal dari tepung tapioka membuat aci menjadi lebih menarik dan berbeda dari camilan kekinian lainnya.

Aci memiliki sifat pengikat yang baik, sehingga dapat digunakan untuk membuat adonan yang mudah diolah dan dibentuk menjadi berbagai jenis camilan. Misalnya, adonan aci dapat digoreng untuk membuat cireng atau dibentuk menjadi bola-bola kecil untuk kolak biji salak.

Aci, atau tapioka, adalah tepung yang terbuat dari akar tanaman singkong. Banyak hidangan lezat yang bisa dibuat dari aci.

Berikut adalah beberapa contoh makanan yang menggunakan aci sebagai bahan utama:

Cireng

Cireng adalah singkatan dari aci goreng, yakni makanan gorengan yang terbuat dari adonan aci yang dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah. Biasanya cireng disajikan dengan sambal kacang sebagai saus pelengkap.

Kolak Biji Salak

Kolak biji salak adalah makanan penutup yang terbuat dari bola-bola aci kecil yang dimasak dalam kuah gula merah dan santan. Biasanya juga ditambahkan potongan buah-buahan seperti pisang dan ubi manis.

Kue Lumpur

Kue lumpur adalah kue tradisional Indonesia yang menggunakan aci sebagai bahan utama. Kue ini memiliki tekstur kenyal dan biasanya diisi dengan gula merah atau cokelat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Camilan Kekinian

Es Cincau

Cincau adalah sejenis agar-agar hitam yang terbuat dari aci. Es cincau adalah minuman segar yang terdiri dari cincau yang dipotong-potong dan dicampur dengan es serut, sirup, dan santan.

Lontong Isi

Lontong isi adalah makanan tradisional Indonesia yang terdiri dari nasi ketan yang dibungkus daun pisang dan diisi dengan adonan aci yang dimasak dan diisi dengan berbagai bahan seperti daging, sayuran, atau telur.

Serabi

Serabi adalah sejenis pancake tradisional Indonesia yang terbuat dari campuran tepung beras dan aci. Serabi biasanya disajikan dengan kelapa parut dan gula merah cair sebagai topping.

Itulah beberapa contoh makanan yang bisa dibuat menggunakan aci sebagai bahan utama. Tentu saja, masih ada banyak variasi lainnya tergantung pada kreativitas dan selera pribadi. Selamat mencoba!

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.