Sukses

Anti-Ribet, Ini Tips dan Trik Membersihkan Interior Mobil Supaya Kembali Kinclong!

Interior mobil menjadi salah satu bagian yang agak sulit untuk dibersihkan. Meski begitu, ada tips dan trik sederhana untuk membuatnya kembali kinclong

Liputan6.com, Jakarta - Membersihkan interior mobil memang pekerjaan yang cukup tricky, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan sendiri. Buat kamu yang kesulitan membersihkannya, pastikan untuk tidak melewatkan tips dan trik membersihkan interior mobil berikut, ya!

Membersihkan mobil sendiri menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran bulanan. Namun, mungkin banyak yang merasa kesulitan, terutama untuk bagian interior mobil dan akhirnya memilih untuk pergi ke jasa pencucian mobil.

Untuk membersihkan mobil hingga interiornya memang dibutuhkan ketelitian. Untuknya, kamu perlu menyisihkan waktu satu hingga dua jam di akhir pekan, supaya tidak terburu-buru.

Selain itu, kamu juga bisa membersihkan interior mobil dengan mengikuti beberapa tips dan trik berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Tips dan Trik Membersihkan Interior Mobil Agar Kembali Berkilau

1. Bersihkan Sampah

Langkah pertama untuk pembersihan interior mobil yang efisien adalah mengumpulkan barang-barang besar. Sebelum kamu mengeluarkan alat penyedot debu dan pembersih, bersihkan semua sampah yang terlihat.

Periksa secara menyeluruh karena mungkin kamu akan menemukan sampah di lantai, di bawah kursi, dan retakan di kursi. Buang pembungkus, botol, mainan, dan benda lain yang tidak dapat ditangani oleh penyedot debu.

2. Lepas dan Bersihkan Keset Lantai

Tarik alas lantai dari kendaraan dan kibaskan sebanyak mungkin. Ini akan membuat penyedot debu lebih mudah. Gosok dengan sabun dan air panas atau pembersih karpet berbusa dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

3. Vakum Kursi dan Lantai Mobil

Vakum kursi depan dan belakang, lantai dan, jika perlu, bagasi. Kemudian, vakum setiap area kendaraan, termasuk di bawah pedal dan di sepanjang panel pintu samping.

Ini adalah langkah tepat dalam proses pembersihan interior mobil, karena banyak kotoran dan kotoran yang cepat terangkat. Pelajari cara membersihkan jok mobil berbahan kain.

4. Bersihkan Kotoran dan Debu

Siapkan kain lembut atau tisu pembersih untuk menyeka semua kotoran, benda lengket, dan debu. Kamu juga dapat menyemprotkan sedikit pembersih khusus mobil ke konsol, roda kemudi, dan area di antara jok untuk mengembalikan tampilan mobil baru tersebut.

 

5. Bersihkan Tempat Gelas

Tempat menyimpan gelas dalam mobil biasanya menampung kotoran, kopi tumpah, debu, dan lainnya. Bersihkan dengan menggunakan kapas dan larutan pembersih, untuk menjangkau area yang sulit serta celah lainnya.

Untuk beberapa kendaraan, seluruh tempat gelas dapat dilepas untuk memudahkan pembersihan.

6. Bersihkan Jendela Interior

Semprotkan larutan pembersih jendela pada jendela dan bersihkan dengan handuk kertas atau kain mikrofiber. Kamu juga bisa mencampurkan satu cangkir air, dua sendok makan cuka, dan satu cangkir alkohol gosok untuk membuat pembersih jendela rumahan yang efektif.

7. Menghilangkan Noda

Jika ada noda di kursi atau karpet, kamu bisa menggunakan larutan cuka dan sabun cuci piring. Semprotkan larutan pada noda dan diamkan selama 15 menit, bersihkan dengan kain basah.

8. Bersihkan Celah

Bersihkan celah yang sulit dijangkau dengan menggunakan tongkat yang dililit dengan kain microfiber. Alat bantu ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan area seperti celah antara jok dan di sekitar konsol tengah.

Itu dia delapan tips dan trik membersihkan mobil dan interior mobil yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menutup agenda membersihkan interior mobil dengan menyemprotkan pengharum. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.