Sukses

USDA Travel Show di Medan, Menu Makanan ala Chef Vindex Tengker Bikin Lidah Bergetar

United States Department of Agriculture (USDA) Travel Show digelar di Hotel JW Marriott, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (8/6/2023). Kali ini, Chef Vindex Tengker hadir dengan mengembangkan dan memperkenalkan menu US Product.

Liputan6.com, Medan United States Department of Agriculture (USDA) Travel Show digelar di Hotel JW Marriott, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (8/6/2023). Kali ini, Chef Vindex Tengker hadir dengan mengembangkan dan memperkenalkan menu US Product.

Master Chef Indonesia season pertama itu mengatakan, ada 3 menu western yang didemonstrasikan pada USDA Travel Show di Medan. Menu-menu spesial itu adalah Smokey Andaliman BBQ US beef Sandwich, Roast spicy chicken bread-US apple, serta Medjool dates and Walnut cake.

"Dari etiga menu ini, ada satu menu yang menggunakan rempah tradisional khas Karo, yaitu andaliman, yang akan memberikan kombinasi rasa spicy," kata Chef Vindex, salah satu Chef Top di Indonesia.

Diungkapkan Chef Vindex Tengker, di setiap daerah di Indonesia memiliki cita rasa berbeda-beda. Kota Medan memiliki salah satu cita rasa khas, yaitu andaliman.

"Karena kita ada di Medan, dan tidak ada arsik di menu kita, maka kita buat daging andaliman," ungkapnya.

Smokey Andaliman BBQ US beef Sandwich merupakan makanan pertama yang disajikan Chef Vindex. Sajian ini menggabungkan andaliman sebagai rempah lokal dan bahan premium dari produk US.

"Pada prosesnya, andaliman disangrai. Kemudian dihancurkan, lalu di-seasoning atau diberi bumbu. Maka, rasa andaliman pada sandwich ini tidak terlalu kencang," Chef Vindex menuturkan.

Makanan pertama ini terasa nikmat berpadu dengan renyahnya daging dan aromatik daun ketumbar, yang disajikan dengan roti sandwich panjang.

"Andalimannya tidak terlalu kencang. Karena kita tidak mau terlalu overpowering di sandwich," ucapnya.

Chef Vindex Tengker juga memanjakan lidah orang-orang yang hadir dengan menu Roast spicy chicken bread-US apple stuffing, yaitu makanan utama dengan perpaduan asam manis apel. Ditutup dengan Medjool dates and Walnut cake, perpaduan kacang dengan kurma dan krim manis di atasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

USDA Travel Show di 5 Kota

Menyusul kesuksesan USDA Travel Show di 5 kota besar Indonesia 2022, tahun ini kegiatan tersebut kembali hadir di Kota Medan.

Agricultural Counselor di Kedutaan Amerika Serikat, Rey Santella mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk bahan makanan dari Amerika, juga memperkuat kerja sama perdagangan antar kedua negara.

Program ini juga bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk pertanian dari Amerika yang bisa diaplikasikan ke dalam makanan berpadu dengan makanan lokal yang ada.

Biasanya, program tersebut dilakukan di Jakarta. Tetapi dengan adanya travel show, produk-produk bahan makanan tersebut dapat dibawa ke wilayah Indonesia yang lain, salah satunya Kota Medan.

"Medan merupakan kota besar yang memiliki pelabuhan untuk melakukan impor. Kita berharap produk ini bisa masuk ke retail-retail yang ada di Medan, juga produsen-produsen Medan yang ingin mengimpor bisa langsung tanpa harus ke Jakarta," Rey menjelaskan.

3 dari 3 halaman

Beragam Kegiatan

Diterangkan Rey, pada travel show kali ini, USDA menyelenggarakan ragam kegiatan, yaitu demontrasi masak, mencicipi makanan, dan pameran. Produk dan bahannya berasal dari Amerika.

Acara juga menghadirkan selebriti dan koki profesional, Chef Vindex Tengker. Pengunjung dapat melihat dan menikmati langsung makanan hasil karya juri Master Chef Sesion 1 tersebut.

"Kami berharap dapat mengedukasi audiens tentang varietas dan penggunaan bahan makanan AS melalui demonstrasi memasak," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.