Sukses

English For Holidays, Cara Anak Mengisi Liburan dan Pintar Bahasa Inggris 

Libur telah tiba. Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta menawarkan kegiatan yang berbeda dalam mengisi liburan sekolah, yaitu dengan program English For Holidays

Liputan6.com, Yogyakarta - Menghadapi musim liburan sekolah di bulan Juni 2023, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya Universitas Negeri  Yogyakarta memberikan opsi mengisi liburan sekolah dengan program English For Holidays (EFH) 2023.

Menurut Ketua Panitia Ihtiara Fitrianingsih, EFH 2023 merupakan program tahunan dengan tema Intercultural Community bertujuan menciptakan keselarasan dan kebersamaan antar budaya dengan slogan ‘One for all, all for one’. 

“Program EFH 2023 adalah menawarkan aktivitas dan lingkunganbernuansa Bahasa Inggris yang dipadukan dengan keceriaan dan kebersamaan bagi para peserta,” ujar Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Rabu 24 Mei 2023. 

Fitri mengatakan dengan mengikuti EFH 2023 ini harapannya bisa memberikan fasilitas kepada masyarakat umum khususnya anak-anak dan remaja yang memiliki antusias terhadap Bahasa Inggris. Menurutnya tujuan EFH ini untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris melalui pengalaman menyenangkan dengan mengintegrasikan lagu, permainan, cerita yang diwujudkan dalam kegiatan seru bagi seluruh peserta. 

 

Baca Juga

"Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mencakup 4 keterampilan bahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis sekaligus meningkatkan kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi antarbudaya."

Sekretaris kegiatan mengisi liburan sekolah Anis Firdatul Rochma, mengatakan EFH akan berlangsung Senin hingga Jumat 26 Juni – 7 Juli 2023 pukul 08.00 – 12.00 WIB di Fakultas Bahasa Seni danBudaya, Karangmalang, Sleman. 

“Kami pilihkan pagi hingga siang hari sehingga pesertamerasa seperti aktivitas mereka sehari-hari yaitu sekolah. Perbedaannya, EFH tidak hanya pembelajaran di kelas namun juga ada aktivitas outdoor yang jauh lebih menyenangkan,” kata Anis.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ragam Kegiatan

Peserta acara akan mengikuti kegiatan menarik, di antaranya classroom activity, grand campus tour, culinary day serta Fun Games around the World. Pada classroom activity peserta akan mengikuti pembelajaran di dalam kelas bersama para teachers.  

"Teachers sendiri merupakan mahasiswa semester akhir yang mengambil konsentrasi English for Children (EFC) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta.Grand campus tour merupakan agenda keliling area UNY yang disertai dengan kegiatanpembelajaran Bahasa Inggris bagi peserta." 

Kegiatan pembelajaran meliputi observasi, wawancara, dan outdoor games. Di Culinary day peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk mewakili berbagai negara yang berbeda dan membuat makanan sesuai dengan makanan khas negara yang diwakilinya. Peserta juga diperbolehkan untuk mengunjungi kelompok lain untuk saling mencicipi setiap makanan.  

"Fun Games around the World di area terbuka Fakultas Bahasa Seni dan Budaya terdiri dari 3 games yangdisesuaikan setiap kategori dan 2 games yang suitable untuk semua kategori. Seluruh kegiatan Fun Games around the World akan dilaksanakan selama 3 jam. Peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok untuk memudahkan distribusi tools dan pengkondisian game. Setiap kelompok akan didampingi oleh pendamping." 

 Kegiatan EFH ini dapat diikuti siswa berusia 4 hingga 18 tahun, jenjang pra sekolah hingga SMA/SMK dalam mengisi liburan sekolah. Peserta EFH tidak hanya diajari Bahasa Inggris di kelas namun juga diberi kesempatan mempraktikkannya di sekitar UNY bersamaan dengan agenda grand campus tour.

Peserta juga diajak berkeliling UNY mengeksplorasi fasilitas yang ada seperti Museum Pendidikan Indonesia, Taman Olahraga Masyarakat, Kembara UNY dan sebagainya. Salah satu orangtua peserta EFH tahun 2022, Laily Amin Fajariyah mengatakan anaknya senang mengikuti EFH karena mulai tertarik belajar dan penasaran dengan Bahasa Inggris.   

“Anak saya sangat senang karena bertemu banyak teman baru dan acaranya seru,” kata guru SMPN 5 Panggang Gunungkidul ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.