Sukses

6 Kegiatan Bermanfaat untuk Mengisi Liburan Sekolah di Rumah

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan sekolah, meski dalam suasaana corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Saat  ditunggu-tunggu para pelajar kini telah tiba. Akhirnya mereka bisa menikmati masa liburan sekolah. Namun, masa liburan kali ini masih harus dilewati dengan tetap di rumah. Hal itu, mengingat kasus positif Covid-19 yang terus meningkat.

Meski harus liburan di rumah saja, masih banyak kegiatan lain yang menyenangkan bahkan lebih bermanfaat. Dihimpun dari  berbagai sumber, berikut beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengisi libur sekolah agar tak membosankan yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Memasak dan Mencoba Resep Baru

Memasak adalah salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa anda lakukan ketika libur. Anda bisa mencoba berbagai resep baru yang sedang viral di media sosial.

Saat ini juga waktu yang tepat bagi anda yang memiliki hobi masak untuk mengasah kemampuan. Maasakan yang dihasilkan pun mungkin bisa anda jadikan sebagai bisnis pesan antar makanan online yang sedang digandrungi.

2. Merapikan Kamar

Karena sibuk sekolah, mungkin kondisi kamar kurang diperhatikan. Liburan ini adalah saat yang tepat untuk merapikan kamar Anda. Mulailah dengan mengelompokkan barang-barang anda sesuai fungsinya. Pilih yang ingin disimpan dan yang sudah tak terpakai lagi.

Pisahkan barang-barang tak terpakai dalam kantong atau boks. Kemudian, masukan dan tata barang-barang yang disimpan tersebut pada tempatnya. Mulai saat itu juga, biasakan untuk meletakkannya kembali di tempat semula. Dengan begitu, kamar Anda akan senantiasa rapi. Barang-barang yang tak terpakai juga bisa Anda jadikan sebagai donasi, pastikan barangnya masih layak pakai.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Membuat Konten

Kegiatan yang satu ini paling digandrungi oleh para milenial dan gen Z. Wajar saja, selain mendatangkan pundi-pundi rupiah, para konten kreator juga bisa terkenal. Anda bisa membuat berbagai konten menarik sesuai minat dan mengunggahnya di YouTube atau media sosial lainnya.

Kontennya bisa tentang makeup, memasak, cover lagu, podcast atau bahkan bermain gim. Buatlah konten yang anda senangi, karena mungkin kegiatan ini akan berujung baik yang membuat anda menjadi youtuber atau influencer.

4. Menulis

Bagi Anda yang gemar menulis, inilah saatnya menuangkan ide-ide kreatif anda. Anda bisa mengunggah karya anda ke blog atau wattpad.

Cerita-cerita yang anda tulis mungkin akan disukai banyak orang atau bahkan bisa diterbitkan atau  menulis artikel dan mengirimkannya ke berbagai media online. Beberapa media online ada yang memberikan honor untuk setiap tulisan Anda yang berhasil terbit.

3 dari 4 halaman

5. Membaca Buku

Saat sekolah mungkin tak ada waktu untuk membaca berbagai genre buku lainnya selain buku pelajaran. Liburan sekolah adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan berbagai bacaan yang selama ini ada idamkan.

Anda bisa membaca novel, komik, dan lainnya. Selain seru, membaca ternyata juga bisa menghilangkan stres dan meningkatkan daya ingat.

6. Menanam dan Merawat Tanaman Hias

Belakang ini tanaman hias menjadi hobi baru yang ngetren di masa pandemi. Menanam dan merawat tanaman hias juga bisa jadi kegiatan liburan Anda. Anda dapat memilih tanaman hias yang sesuai dengan tren. Tanaman-tanaman hias ini sekaligus bisa anda jadikan dekorasi rumah, sehingga rumah lebih adem dan hijau.

Selain tanaman hias, Anda juga bisa menanam tanaman yang memiliki buah seperti cabai atau tomat. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat dan bisa tumbuh di pot. Dengan begitu, bagi Anda yang pemula dapat merawatnya dengan mudah. (Jihan Karina Lasena)

4 dari 4 halaman

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.