Sukses

Mencicipi Ragam Makanan di Jalur Selatan Jawa Timur

Berikut kuliner Jawa Timur yang bisa ditemui di sepanjang jalur selatan

Liputan6.com, Surabaya - Saat melewati jalur selatan Jatim atau Jawa Timur, kamu akan banyak menemukan makanan-makanan khas dengan rasa istimewa. Mulai dari soto, pecel, hingga kerupuk rambak, bisa kamu cicipi.

Bukan itu saja, masih banyak kuliner khas dan lezat lainnya yang bisa dicicipi saat melewati sepanjang jalur ini. Mengutip dari indonesia.go.id, berikut kuliner Jawa Timur yang bisa ditemui di sepanjang jalur selatan:

1. Lontong Tahu Telur

Lontong tahu telur merupakan makanan khas Madiun yang mirip dengan ketoprak khas Jakarta. Dalam seporsi lontong tahu telur berisi tahu, telur, dan lontong yang disiram bumbu kacang.

Masyarakat Madiun juga biasa menyebut makanan ini dengan nama tahu panggung. Sebagai pelengkap, taburan bawang goreng akan menambah aroma dan cita rasa pada sajian ini. 

2. Soto Kutilang

Masih di Madiun, juga ada makanan khas yang disebut soto kutilang. Penamaan tersebut disematkan karena soto ini dijual di Jalan Kutilang. Soto kutilang memiliki daging yang melimpah, sehingga banyak digandrungi wisatawan karena rasanya yang kaya.

3. Soto Pacitan

Selain soto kutilang, kamu juga bisa menikmati soto lain khas Pacitan, yakni soto pacitan. Soto ini berisi potongan ayam kampung yang gurih. Uniknya, soto ini juga ditambah dengan kacang tanah goreng bertekstur renyah, sehingga menambah tekstur dari soto. 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pecel Blitar

4. Pecel Blitar

Pecel blitar memiliki kemiripan dengan pecel khas Kediri. Namun, tekstur bumbu pecel khas Blitar lebih halus dan agak berminyak.

Beberapa penjual pecel di Blitar menambahkan kencur di bumbunya agar rasanya semakin nendang. Pecel ini biasanya disajikan dengan tempe goreng, rempeyek kacang, rempeyek udang, hingga aneka sate. 

5. Nasi Lodho

Saat berada di Tulungagung, kamu bisa mencoba kuliner khasnya berupa nasi lodho. Nasi lodho memiliki tampilan yang mirip kari ayam, tetapi keduanya diproses dengan cara memasak yang berbeda.

Ayam pada nasi lodho dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bahan lainnya. Proses pemanggangan inilah yang menjadi kunci utama kelezatan nasi lodho.

Adapun kuah nasi lodho memiliki cita rasa pedas. Terdapat dua jenis kuah, yakni kuah kental dan kuah encer. 

6. Orem-orem

Orem-orem merupakan kuliner khas Malang berbahan dasar irisan tempe goreng dan ayam. Kedua bahan tersebut diolah dengan kuah santan yang kental.

Makanan ini biasanya disajikan dengan irisan ketupat dan disiram kuah santan. Untuk lauknya, kamu bisa memilih tempe dan tauge. 

7. Sego tempong

Kuliner lain yang bisa kamu cicipi saat melewati jalur selatan Jawa Timur adalah sego tempong atau nasi tempong. Sego tempong terdiri dari nasi putih, sayuran rebus, tahu, tempe, ikan asin, dan sambal mentah yang super pedas.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.