Sukses

Tak Hanya Jungkook BTS, Sederet Idol Korea Ini Juga Mendapatkan Ancaman Pembunuhan

Berikut idol Kpop yang pernah mendapatkan ancaman pembunuhan dari fans.

Liputan6.com, Yogyakarta - Penggemar grup idol BTS mendesak HYBE maupun BIGHIT MUSIC untuk melindungi Jungkook BTS setelah seorang warganet yang istilahnya "sasaeng," membuat unggahan yang mengkhawatirkan. Orang yang dimaksud mengunggah gambar pisau, menyertakan ancaman pembunuhan untuk si maknae BTS.

Ancaman pembunuhan ini datang karena orang tersebut menganggap Jungkook kasar karena menolak makanannya. @chu02859 menegaskan kembali bahwa ia dapat dengan mudah membunuh idol berusia 25 tahun tersebut.

Para penggemar BTS atau ARMY bahkan menemukan bahwa pengguna tersebut bernama Amina, berusia 17 tahun. Sasaeng asing itu diduga tinggal di Korea Selatan dan mendapatkan alamat rumah pribadi Jungkook.

ARMY menyadari alamat IP-nya saat ini terdeteksi di Indonesia. Ancaman pembunuhan oleh sasaeng fans atau penggemar idol Korea yang memiliki obsesi berlebih tidak hanya menimpa member BTS ini.

Sebelumnya, ada beberapa idol Kpop yang mendapatkan ancaman serupa dengan Jungkook BTS. Dikutip dari berbagai sumber, berikut idol Kpop yang pernah mendapatkan ancaman pembunuhan dari fans.

1. Jimin BTS

Sebelum Jungkook BTS mendapatkan ancaman pembunuhan, Jimin BTS juga mendapatkan ancaman serupa. Ancaman pembunuhan yang menimpa Jimin terjadi menjelang konser BTS di Amerika Serikat.

Dalam unggahan Instagram, akun anonim tersebut mengunggah sebuah senapan, disertai caption bahwa ia akan menyerang Jimin saat konser BTS berlangsung di Los Angeles pada 5 September 2018.

2. RM BTS

Tidak hanya Jimin BTS, sang leader RM turut merasakan ancaman pembunuhan yang dikirimkan sasaeng. Ancaman pembunuhan tersebut pertama kali RM terima saat BTS tengah aktif melakukan tur di luar negeri.

Seseorang dengan akun @ohHithereJoe mencuitkan ancaman akan membunuh RM ketika BTS menyelenggarakan konser bertajuk The Red Bullet di New York pada 16 Juli 2015. Dampak ancaman pembunuhan itu, konser berakhir dengan kekecewaan penggemar karena sesi foto, encore, dan jumpa penggemar dibatalkan.

Seperti tidak puas menebar teror ketakutan, akun tersebut kembali melontarkan ancaman untuk kedua kalinya. Ia mengungkapkan jika dirinya akan beraksi membunuh RM 'BTS' saat anggota BTS tiba di Meksiko untuk menggelar konser selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lisa Blackpink

3. Lisa Blackpink

Lisa memang kerap menjadi sasaran kebencian dari haters. Tidak hanya komentar pedas atau kritikan tajam, tapi Lisa juga mendapat ancaman pembunuhan pada Mei 2020 lalu.

Lewat akun Twitter, seseorang mengirimkan cuitan tentang ancaman pembunuhan kepada Lisa secara terang-terangan. Ancaman pembunuhan terhadap Lisa sempat menjadi perhatian dari Kedutaan Besar Thailand untuk Korea Selatan.

Diketahui, pihak Kedutaan Besar Thailand untuk Korea Selatan menerima laporan surat elektronik dan pesan di Twitter dari tanggal 2-6 Mei 2021, soal postingan ancaman pembunuhan kepada Lisa. Pihak Kedutaan bergegas memberikan perlindungan dan pendampingan hukum ke Lisa, sambil berkoordinasi dengan agensi YG Entertainment saat itu.

4. Lay Exo

Lay, salah satu anggota EXO yang tengah sibuk berkarier di Tiongkok ini juga pernah mendapat ancaman pembunuhan di tahun 2018 silam. Bukan hanya dirinya menerima ancaman tersebut, tapi ancaman pembunuhan juga mulai mengusik kehidupan keluarganya.

Lay 'EXO' menerima ancaman pembunuhan itu pertama kali dari sebuah postingan daring. Tidak ingin mengambil pusing soal ancaman itu, Lay memilih jalur hukum dengan berkoordinasi bersama Beijing Xingquan Law untuk memproses pelaku yang menyerbarkan ancaman pembunuhan tersebut.

5. Red Velvet

Grup idol Red Velvet juga mendapat ancaman pembunuhan pada 2016. Sederet haters menempelkan sebuah pesan yang berbunyi, "Ayo, bunuh Red Velvet" di pohon harapan.

Pesan tersebut menjadi salah satu tindakan terekstrim yang dilakukan haters Red Velvet. Bahkan, ancaman pembunuhan itu terus berlanjut di tahun berikutnya.

Saat itu, Red Velvet tengah melakukan siaran langsung di V Live untuk promosi "Dumb Dumb". Seorang haters tiba-tiba saja meninggalkan komentar bernada ancaman untuk membunuh Yeri 'Red Velvet'.

Seketika, wajah Yeri berubah panik dan cemas setelah melihat komentar ancaman pembunuhan secara langsung kepada dirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.