Sukses

Andika Perkasa Dianugeragi Penghargaan Bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang dari Presiden Singapura

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menerima penghargaan militer teringgi, Bintang Darjah Utama Bakti Gemilang (Tentera) dari Presiden Singapura Halimah Yacob

Liputan6.com, Jakarta Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa (58) menerima penghargaan militer teringgi, Bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari Presiden Singapura Halimah Yacob di Istana Singapura pada Rabu (10/5/2023) kemarin. Penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas kontribusinya yang signifikan dalam meningkatkan kerja sama pertahanan antara RI dan Singapura.

Kementerian Pertahanan Singapura (Mindef) mengatakan bahwa di bawah kepemimpinannya, kedua militer berhasil memperdalam kerja sama dan menjalin hubungan yang lebih kuat antar personel melalui interaksi bilateral reguler.

Berbagai latihan bersama antara militer Indonesia dan militer Singapura pun beberapa kali dilakukan. Antara lain Latihan Safkar Indopura dan Latihan Bersama Minex Pandu, serta Latihan Super Garuda Shield 2022 perdana yang menampilkan militer dari 14 negara berbeda berlatih bersama di Indonesia.

Mindef menambahkan bahwa Andika Perkasa juga mendukung dimulainya kembali patroli terkoordinasi antara angkatan laut kedua negara, serta kolaborasi antara Angkatan Bersenjata Singapura dan militer Indonesia di platform multilateral, termasuk Information Fusion Center dan Counter-Terrorism Information Facility yang kemudian berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas kawasan. 

Sebelum pelantikan, Jenderal (Purn) Andika Perkasa menginspeksi pasukan kehormatan dan memanggil Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong, serta Menteri Pertahanan Ng Eng Hen dan Kepala Angkatan Pertahanan Laksamana Muda Aaron Beng di Mindef.

"Selama panggilan, kedua belah pihak menegaskan kembali hubungan pertahanan bilateral yang erat dan lama dan menyatakan komitmen untuk memperdalam kerja sama pertahanan bilateral," kata Mindef.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.