Sukses

Indosat Kaji Pemasangan Jaringan Internet dan Seluler di Kapal Feri Pelabuhan Merak

Indosat Ooredoo tengah mengkaji kemungkinan memasang jaringan internet di atas kapal feri yang melayani penyeberangan Merak-Bakauheni.

Liputan6.com, Serang - Bagi penumpang kapal feri yang berlayar di lintasan Pelabuhan Merak dan Bakauheni, pasti akan kesulitan bahkan kehilangan jaringan seluler maupun internet saat berada di tengah laut. Indosat Ooredoo tengah mengkaji kemungkinan memasang jaringan seluler serta internet di atas kapal feri di lintasan Selat Sunda.

Pemasangan jaringan seluler dan internet di atas kapal feri sebagai solusi mahalnya biaya pembangunan dan perawatan menara BTS di pulau-pulau sekitar perairan Selat Sunda.

"Kalau di kapal itu sangat memungkinkan kerja samanya, akan kita sampaikan ke manajemen terkait, itu jadi perhatian kita juga. Karena di pesawat aja kita bisa pasang, di Garuda kita pasang, di Garuda ketika pergi ke destinasi tertentu itu bisa menikmati jaringan Indosat," ujar Eric Danari, SVP-Head of Region Jabodetabek Indosat Ooredoo Hutchison, di Kota Serang, Banten, Selasa (9/5/2023).

Selama arus mudik, balik dan libur Lebaran Idulfitri 2023 saja, pengguna internet dan seluler di wilayah Banten naik  hingga 12 persen. Sehingga dari sisi bisnis, dianggap menarik untuk memberikan jaringan internet yang berkualitas di jalur mudik, terutama di perairan Selat Sunda.

Sedangkan pertumbuhan pengguna kartu Indosat Ooredoo dengan merek IM3 dan Tri, bertambah sebanyak 1,4 juta di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Banten.

"Kita kehilangan 2,8 juta yang pergi dari sekitar Jabodetabek, baik dari Jakarta, Tangerang, Bekasi. Dari 2,8 juta itu ada yang pergi ke Sumatera, Sulawesi dan lain-lain. Khusus Serang sebaliknya, kita meningkat, secara jumlah pelanggan, bertambah sekitar 12,9 persen, naik selama periode lebaran kemarin," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Jaringan Di Selatan Jawa

Jalur Selatan Jawa, mulai dari Jawa Barat hingga Banten juga akan diperkuat jaringan sinyal seluler dan internet, sehingga ke depan pemudik bisa tetap berkomunikasi ketika berada di daerah terpencil sekalipun.

Saat ini, Kabupaten Pandeglang dan Lebak wilayah Selatan, hingga ke daerah Ciletuh, Sukabumi sedang diperkuat jaringan sinyalnya. Sehingga wisatawan, masyarakat maupun pemudik tetap bisa berselancar di medsos dan berkomunikasi dengan sanak saudara di tempat lain.

"Ada peningkatan kapasitas jaringan dengan jumlah BTS yang tumbuh 32 persen year on year di Jabodetabek dan Banten atau bertambah lebih dari 9.600 BTS," ujar Irma Aurora, District Operation Head Jabodetabek dan Banten, Selasa (9/5/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.