Sukses

Indahnya 4 Wisata Alam Sumatera Barat yang Mirip Studio Ghibli 

Berikut tempat wisata alam di Sumatera Barat ala film animasi Studio Ghibli.

Liputan6.com, Padang - Sumatera Barat selalu menarik untuk dijadikan tempat tujuan wisata. Pesisir Pulau Sumatra ini memiliki ragam pesona yang tidak pernah habis untuk ditelusuri, mulai dari kekayaan kuliner khas hingga pesona keindahan alam.

Bahkan, keindahan kekayaan alam Sumatera Barat disebut-sebut layaknya film animasi garapan Studio Ghibli.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tempat wisata Sumatera Barat ala film animasi Studio Ghibli.

1. Danau Kembar

Danau Kembar berada di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatra Barat dikenal memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Nama danau “kembar” diambil karena ada dua danau yang terletak berdampingan di tempat ini.

Masing-masing danau kembar disebut sebagai Danau Diatas dan Danau Dibawah. Uniknya, wisatawan yang hendak mengunjungi Danau Diatas harus melalui jalan menurun.

Sedangkan jika ingin mengunjungi Danau Di Bawah harus melalui jalanan menanjak. Walau disebut Danau Kembar, nyatanya kedua danau di Solok tersebut memiliki bentuk, luas, dan kedalaman yang berbeda.

Danau Diatas atau Danau Diateh merupakan salah satu dari Danau Kembar dengan posisi lebih rendah dari Danau Dibawah, yaitu berada di ketinggian 1.600 meter diatas permukaan laut (mdpl). Luas Danau Diatas adalah sekitar 17,20 kilometer persegi dengan panjang 6,26 kilometer dan lebar 2,75 kilometer.

Danau Diatas termasuk kategori dangkal, dengan titik kedalaman hanya sekitar 44 meter saja. Danau Diatas juga menjadi hulu bagi Sungai Batanghari yang membelah Pulau Sumatera dan bermuara di Selat Malaka.Danau Dibawah merupakan salah satu dari Danau Kembar dengan posisi lebih tinggi dari Danau Diatas. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti kemana air dari Danau Dibawah mengalir karena tidak temui sungai yang berhulu di danau ini.

Danau Dibawah memiliki mitos tentang munculnya ikan raksasa dari permukaan danau tersebut. Hal itu membuat Danau Dibawah memiliki misteri tersendiri yang masih dipercaya oleh masyarakat setempat.

Pesona dua danau yang berbeda ini menjadi daya tarik tersendiri, terutama karena dikelilingi perbukitan dengan hawa yang dingin.

2. Pulau Pagang

Pulau Pagang berada di sebelah barat lautan lepas Samudra Hindia dan masuk dalam kawasan pengelolaan Provinsi Sumatra Barat. Pulau Pagang menjadi salah satu potensi wisata yang bisa dikembangkan dengan strategi ekowisata bahari.

Pulau seluas 12 hektar ini memiliki air laut yang tenang dengan warna biru jernih. Ditambah lagi dengan banyaknya ikan yang indah dan lucu, membuat kegiatan snorkeling jadi semakin seru dan memanjakan mata.

Ada ikan grouper fish, clown fish, pari totol biru, hingga butterfly fish yang siap bermain dengan wisatawan saat snorkeling. Air lautnya yang ramah juga membuat pulau ini sangat pas sebagai tempat bermain pasir pantai dan berenang di area pantai.

Selain itu, ada juga wahana bermain yang tersedia seperti jetski, banana boat, hingga donat boat. Menariknya lagi wisatawan bisa berenang mengapung di atas air lautnya.

Hal ini karena Pulau Pagang memiliki kadar garam yang tinggi, mirip seperti di Laut Mati. Ada banyak rute yang bisa ditempuh untuk menuju ke Pulau Pagang dengan naik kapal.

Sedangkan untuk biaya tiket masuk tempat wisata di Sumtera Barat ini dibanderol mulai dari Rp 35.000.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Lubuak Rantiang

Air terjun Lubuak Rantiang menjadi tempat wisata ala film animasi Studio Ghibli selanjutnya. Air Terjun Lubuak Rantiang atau sering juga disebut Air Terjun Lubuak Ngalauan atau Sarasah Lubuak Rantiang.

Disebut dengan nama “Lubuak” karena air terjunnya seperti kolam aliran sungai. Air Terjun Lubuak Rantiang berada di tengah hutan, sehingga kerap disebut sebagai harta karun terpendam oleh masyarakat sekitar.

Air Terjun Lubuak Rantiang memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan air terjun pada umumnya. Air Terjun ini hanya memiliki ketinggian sekitar 6 meter.

Namun meskipun begitu Air Terjun Lubuak Rantiang menawarkan keindahan yang luar biasa. Ada berbagai aktivitas seru yang dapat dilakukan wisatawan di tempat ini.

Wisatawan dapat berenang dikolam yang ada di bawah air terjun ini. Keindahan Air Terjun Lubuak Rantiang masih asri, air kolamnya berwarna kehijauan cocok untuk melepas penat.

Di sekitar kolam terdapat batu-batu yang besar yang biasa dijadikan spot untuk meloncat ke kolam. Lokasi air terjun Lubuak Rantiang berada di Sungai Angah Bangek, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Provinsi Sumatra Barat.

4. Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang adalah perkebunan penghasil daun teh terbesar di Sumatra Barat. Kebun ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara dengan luas 20 hektar.

Perkebunan ini berada di atas Bukit Barisan lereng bagian timur Kawasan Taman Nasional Kerinci dengan ketinggian 1400-1600 mdpl. Meskipun profesi kebanyakan masyarakat Solok adalah pedagang dan petani khususnya penghasil padi, namun hasil produksi dari perkebunan ini sangat mumpuni.

Bahkan Solok menjadi penghasil daun teh terbesar di Sumatera Barat dengan kehadiran perkebunan ini. Wisatawan dapat menikmati hamparan hijau daun teh yang menyegarkan mata, udara yang sejuk, aroma teh.

Semakin lengkap dengan minuman hangat di warung terdekat. Tempat wisata ala film Studio Ghibli ini dapat dinikmati secara cuma-cuma atau secara gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini