Sukses

7 Alat Musik Jawa Barat, Khas dan Merdu

Provinsi ini juga memiliki banyak alat musik khas yang unik dan banyak dikenal masyarakat di luar Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung - Jawa Barat memang kental akan kesenian dan kebudayaannya. Salah satu kesenian khas yang dimiliki Jawa Barat adalah seni musik.

Bahkan, provinsi ini juga memiliki banyak alat musik khas yang unik dan banyak dikenal masyarakat di luar Jawa Barat. Berikut tujuh alat musik Jawa Barat:

1. Angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik Jawa Barat yang sangat populer. Alat musik ini terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa.

Angklung dibunyikan dengan cara menggetarkannya. Masing-masing bambu pada angklung memiliki nada yang berbeda-beda sesuai ukurannya masing-masing.

Alat musik ini tak hanya populer di Indonesia, tetapi juga dunia. Bahkan, angklung telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

2. Suling

Sama seperti angklung yang terbuat dari bambu, suling juga merupakan alat musik khas Jawa Barat. Suling khas Jawa Barat atau Sunda memiliki sekitar empat hingga enam lubang untuk menghasilkan suara. Suara merdu suling banyak ditemukan di lagu-lagu Sunda.

3. Calung

Selain angklung dan suling, Jawa Barat juga memiliki alat musik lain yang juga terbuat dari bambu, yakni calung. Calung sering dimainkan bersamaan dengan alat musik khas Sunda lainnya, salah satunya angklung.

Alat musik ini terbuat dari bambu pilihan yang sering disebut sebagai awi wulung dan awi temen. Bahan bambu yang berkualitas ini dipercaya bisa menjadi sumber suara yang bagus dari calung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecapi

4. Kecapi

Kecapi merupakan alat musik petik khas Jawa Barat. Alat musik ini berbentuk kotak kayu yang di atasnya berjajar senar atau dawai.

Kotak kayu tersebut berguna sebagai resonator. Dalam alat musik tradisional Sunda, terdapat dua jenis kecapi, yakni kecapi indung dan kecapi rincik.

Kecapi indung memiliki sekitar 18-20 senar sebagai intro atau pengatur tempo lagu. Sementara kecapi rincik dimainkan dengan mengisi ruang antar nada dengan frekuensi tinggi.

5. Jentreng

Jentreng juga dikenal dengan sebutan tarawangsa. Jentreng merupakan alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari kayu.

Jentreng memiliki bentuk yang mirip dengan kecapi, tetapi hanya memiliki tujuh senar. Soal ukuran, jentreng terlihat lebih kecil dari kecapi.

6. Karinding

Karinding berasal dari beberapa tempat di Jawa Barat, seperti Citamiang, Pasir Mukti, Tasikmalaya, Malangbong, dan Cikalong Kulon. Alat musik ini terbuat dari pelepah bambu atau pelepah pohon aren.

7. Celempung

Celempung adalah sejenis alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari bambu. Celempung juga memiliki kombinasi kulit bambu dan bagian-bagian lain dari bambu.

Hal ini memberikan suara celempung yang unik. Alat musik khas Jawa Barat ini dimainkan dengan cara diketuk dengan palu khusus.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.