Sukses

Perang Pemda Garut Bebaskan Warganya Dari Ancaman Polio

Dalam prakteknya, seluruh petugas dinkes dibantu seluruh kader posyandu dan puskesmas di Garut, bakal menyebar di 5.015 titik lokasi mulai sekolah hingga posyandu tiap RT dan RW milik warga, untuk menyukseskan kick off Sub PIN tahap awal tersebut.

Liputan6.com, Garut - Pemerintah daerah (Pemda) Garut, Jawa barat menggelar kick off pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) dalam pencegahan penyakit polio terhadap anak-anak di Garut.

“Pasokan vaksinanya kita full mendapatkan 250 ribu untuk Kabupaten Garut,” ujar Bupati Garut Rudy Gunawan, di Garut Islamic School Prima Insani Kecamatan Garut kota, Garut, Senin, (3/4/2023).

Menurutnya, pelaksanaan Sub PIN polio merupakan gerakan bersama untuk mencegah penyakit polio anak-anak di Garut. “Ini adalah gerakan mutlak yang harus dilaksanakan dam alam langsung diawasi oleh wakil bupati di 42 kecamatan yang ada di Garut,” ujar dia.

Untuk mendukung rencana itu, Rudy bakal mengintruksikan seluruh elemen masyarakat agar anak-anak di Gariut terhindar polio.

“Semua entitas disdik, ada juga kemenag supaya nanti di madrasah-madrasah juga dilakukan untuk menjamin tidak ada polio di Kabupaten Garut,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Maskut Parid mengatakan, kick off Sub PIN polio kali merupakan putaran pertama yang akan di gelar 3 - 9 April mentang. “Nanti bulan depan kita mulai lagi,” ujarnya.

Dalam prakteknya, seluruh petugas dinkes dibantu seluruh kader posyandu dan puskesmas di Garut, bakal menyebar di 5.015 titik lokasi mulai sekolah hingga posyandu tiap RT dan RW milik warga, untuk menyukseskan kick off Sub PIN polio tahap awal tersebut.

“Minimal satu pos itu melaksanakan imunisasi polio 50 sampai 100 anak,” ungkap dia.

Berdasarkan informasi Kemenkes RI, saat ini sudah ada tiga wilayah di Indonesia ditemukan kasus baru polio yang menyerang anak yakni di Aceh, Sumatera Utara, dan Jawa Barat. “Di Jawa Barat itu di Purwakarta ada satu kasus,” ujarnya.

Dengan upaya gawe bareng tersebut, Rudy berharap sekitar 227.680 balita atau minimal 95 persen di Garut terlindungi dari ancaman hadirnya penyakit polio di Garut. “Kalau kurang takutnya nanti ada polio di garut,” ujar dia mengingatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini