Sukses

Masa Angkutan Lebaran 2023, KA Bandara Medan Sediakan 4.128 Tiket per Hari

Liputan6.com, Medan PT Railink atau KAI Bandara terus melakukan persiapan dalam meningkatkan kualitas layanan penumpang yang saat ini berada di Medan dan Yogyakarta. Salah satunya persiapan menghadapi Angkutan Lebaran 2023.

Direktur Utama Railink, Porwanto Handry mengatakan, untuk KA Bandara Medan, pihaknya menyediakan sebanyak 4.128 tiket per hari pada masa Angkutan Lebaran 2023. Pihaknya memprediksi terjadi jumlah kenaikan penumpang.

"Diprediksi terjadi kenaikan penumpang menjadi 29.257 selama Angkutan Lebaran 2023. Jumlah tersebut naik 144 persen dibandingkan dengan Angkutan Lebaran 2022," kata Porwanto, dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Rabu (22/3/2023).

Sedangkan untuk KA Bandara Yogyakarta, saat ini disediakan 7.200 tiket per harinya. Pada masa Angkutan Lebaran akan bertambah menjadi 9.600 tiket per hari. Diprediksi jumlah penumpang KA Bandara YIA mencapai 172.409 selama masa Angkutan Lebaran 2023.

Disebutkan Porwanto, prediksi jumlah penumpang KA Bandara Yogyakarta tersebut naik 234 persen jika dibandingkan dengan Angkutan Lebaran 2022. Juga akan ditambah 12 perjalanan kereta apai pada Angkutan Lebaran 2023.

"Puncak Angkutan Lebaran tahun ini untuk KA Bandara Medan dan Yogyakarta diperkirakan terjadi pada H-3 Lebaran, dan H+5, H+6, dan H+7 Lebaran," sebutnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

Lakukan Ramp Check

Diungkapkan Porwanto, persiapan lainnya yang dilakukan menghadapi Lebaran 2023, PT Railink atau KAI Bandara dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian melaksanakan Ramp Check atau inspeksi kelengkapan.

Kemudian, pelaksanaan Posko Angkutan Lebaran, penambahan perjalanan 12 kereta api untuk Bandara Internasional Yogyakarta. Menyiapkan sarana yang andal, dan cadangan sarana yang siap operasi.

Ditegaskan Prwanto, PT Railink juga senantiasa berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk kondisi dari prasarana perkeretaapian, peningkatan pengawasan, serta pelayanan safety talk dan lain-lain.

"Dengan adanya persiapan yang dilakukan PT Railink, semoga membantu memudahkan perjalanan mudik masyarakat, khususnya yang menggunakan KA Bandara Medan dan Yogyakarta," Porwanto menandaskan.

3 dari 3 halaman

Naik KA Bandara Bisa dari Stasiun Bandar Khalipah

Bertepatan Hari Ulang Tahun ke-16 yang jatuh pada 28 September 2022, PT Railink atau KAI Bandara melaksanakan peresmian uji coba layanan KA Bandara Medan di Stasiun Bandar Khalipah, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Sejak 25 Juli 2013, KA Bandara Medan telah dioperasikan dengan melayani 2 stasiun, yaitu Medan dan Stasiun Bandara Kualanamu. Penambahan layanan KA Bandara di Stasiun Bandar Khalipah ini diharapkan menjadi salah satu alternatif transportasi dari dan ke Bandara Kualanamu maupun Kota Medan.

KA Bandara merupakan salah satu moda transportasi yang diminati masyarakat sebagai penunjang untuk melakukan mobiilitas sehari-hari dari dan ke Bandara Kualanamu. Waktu tempuh juga singkat, yaitu 32 menit dari Stasiun Medan, dan 20 menit dari Stasiun Bandar Khalipah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.