Sukses

Wacanakan Usung Ganjar Pranowo, Elektabilitas PAN Beranjak Naik

Dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat elektabilitas partai berlogo matahari putih ini terus naik.

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat elektabilitas partai berlogo matahari putih ini terus naik.

Berdasarkan hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) yang digelar 1-7 Maret 2023, posisi PAN berada di urutan 7 besar dengan tingkat elektabilitas 5,0 persen.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syahtren menjelaskan tren naiknya elektabiltas PAN sebagai sesuatu yang menarik. Pasalnya, hal itu terjadi pasca PAN mengusung Ganjar Pranowo sebagai salah satu faktor pendongkrak.

"Kenaikan kali ini berdekatan dengan momentum PAN menyuarakan Ganjar Pranowo sebagai Capres, bukan tidak mungkin situasi ini berdampak pada PAN," ungkap Dedi Kurnia Syah.

Tak hanya itu, posisi strategis Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menjadi faktor penting. Bahkan, Presiden Joko Widodo sempat mengapresiasi kinerja dan prestasi Zulkifli Hasan selama di kabinetnya.

"Mulai dari soal kinerja Kemendag yang dinilai membaik, juga kedekatan presiden pada PAN," ujar Dedi.

Sekadar informasi, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai PAN yang digelar di Semarang, Jawa Tengah pada Minggu, 26 Februari 2023 lalu, turut dihadiri oleh Ganjar Pranowo.  Bahkan pria kelahiran Karanganyar 1968 tersebut disambut antusias oleh para kader PAN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.