Sukses

PeduliLindungi Berubah Jadi Satu Sehat Mobile, Berikut Cara Updatenya

Aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu aplikasi yang hampir dimiliki oleh semua masyarakat Indonesia. Pasalnya aplikasi ini ternyata sudah menemani masyarakat Indonesia selama tiga tahun yang berfungsi sebagai aplikasi yang mendeteksi riwayat perjalanan penggunanya di Indonesia.

Liputan6.com, Bandung - Aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu aplikasi yang hampir dimiliki oleh semua masyarakat Indonesia. Pasalnya, aplikasi ini ternyata sudah menemani masyarakat Indonesia selama tiga tahun yang berfungsi sebagai aplikasi yang mendeteksi riwayat perjalanan penggunanya di Indonesia.

Namun baru-baru ini aplikasi PeduliLindungi ternyata melakukan update dan secara resmi merubah namanya menjadi Satu Sehat Mobile. Hal itu juga sudah dibocorkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin di awal tahun 2023 lalu.

Ia menyebutkan jika aplikasi PeduliLindungi akan terintegrasi dengan platform Satu Sehat Kemenkes. Adapun aplikasi ini merupakan bagian dari Satu Data Indonesia (SDI) yang terintegrasi ke data pemerintah.

Budi Gunadi menjelaskan bahwa semua faskes seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek, dan juga laboratorium harus terintegrasi kepada platform SATUSEHAT. Ia juga menyebutkan jika PeduliLindungi masih bisa dimanfaatkan meski PPKM sudah dicabut pemerintah pada akhir 2022 lalu.

SATUSEHAT Mobile ini juga tidak perlu login dengan akun baru karena cukup dengan menggunakan login akun PeduliLindungi yang sudah ada sebelumnya. Perpindahaan nama ini juga tidak akan menyulitkan masyarakat karena aplikasi Satu Sehat Mobile ini dari PeduliLindungi.

“Satu Sehat Mobile sendiri itu dari PeduliLindungi. Akan otomatis berubah karena tidak ingin menyulitkan masyarakat. Jadi kita hanya akan memberitahukan bahwa ada perubahan,” kata Agus Rachmanto selaku Deputi Chief Digital Transformation Office Kemenkes.

Cara Update PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile

Cara untuk melakukan update aplikasi PeduliLindungi cukup mudah untuk dilakukan terutama jika Anda sudah mempunyai aplikasinya di ponsel anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi PeduliLindungi

2. Setelah itu aplikasi akan menampilkan notif mengenai update terbaru lalu Anda tinggal melakukan update melalui toko aplikasi di ponsel Anda bisa melalui Play Store ataupun App Store

3. Setelah itu klik tombol "update"

4. Tunggu download update selesai dan jika sudah selesai Anda tinggal membuka aplikasi yang sudah berganti nama jadi Satu Sehat Mobile

5. Dalam halaman utama aplikasi Satu Sehat Mobile klik bagian "Masuk Ke Aplikasi"

6. Jika sudah mempunyai akun Anda tinggal klik tombol "Masuk"

7. Kemudian Anda bisa memasukan nomor telepon ataupun email

8. Masukan kode verifikasi lalu klik "Lanjut"

9. Anda pun akan dimintai persetujuan dan klik kotak jika setuju lalu klik "Saya Setuju"

10. Anda pun otomatis masuk ke dalam aplikasi Kita Sehat dan sudah bisa menggunakannya

Ada banyak manfaat baru dari aplikasi Satu Sehat Mobile ini dan mempunyai sejumlah fitur terbaru seperti Vaksin Dewasa dan Imunisasi Anak, Resume Medis Elektronik, Hasil Tes Lab, hingga Diari Kesehatan. Fitur lama yang ada di aplikasi PeduliLindungi juga masih bisa diakses seperti Check-in di ruang publik, cek sertifikat vaksin, dan juga hasil Antigen atau PCR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.