Sukses

Kapolri Ungkap Penyebab Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi

Cuaca buruk diduga menjadi penyebab utama kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi dan rombongan.

Liputan6.com, Jambi- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap penyebab kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan. Cuaca buruk menjadi penyebab utama sehingga mengakibatkan helilopter jenis Bell-412 itu mendarat darurat di tebing dengan kondisi medan sulit dijangkau.

"Dugaan sementara karena kabut sangat tebal dan pandangan tidak terlihat serta hujan, sehingga pilot memutuskan mendarat darurat, karena darurat itu sehingga jatuhnya di atas bukit yang miring," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit saat meninjau langsung kondisi Kapolda di Jambi, Selasa (21/2/2023).

Dalam insiden kecelakaan itu, Kapolri mengatakan, helikopter mengalami kerusakan parah. Beberapa bagian badan heli terbelah dan berserakan di antara rimbunnya hutan.

Kapolri menerima laporan bahwa seluruh penumpang dan kru helikopter itu berhasil dievakuasi yang dilakukan secara bertahap. Dalam proses tersebut, Kapolda Jambi dievakuasi setelah beberapa korban lainnya dievakuasi terlebih dahulu.

"Ada lima kali proses evakuasi. Saya sudah bertemu dan sempat berbincang dengan Kapolda Jambi, kondisinya masih sadar dan stabil," kata Kapolri.

Beberapa korban kecelakaan helikopter, termasuk Kapolda Jambi langsung dibawa ke RS Bhayangkara. Sementara dua korban lainnya masih berada di Posko Merangin.

"Kalau memang diperlukan tindakan lanjutan, para korban terkait dengan segala hal yang dibutuhkan tentu akan diberangkatkan ke Jakarta. Tapi yang jelas kita pantau dulu di RS Bahayangkara Jambi," ucap Kapolri.

Sebelumnya Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, Minggu (19/2/2023) pagi, menaiki helikopter jenis Bell 412 SP dengan nomor Registrasi P-300. Dia beserta rombonganberangkat dari Bandara Sultan Thaha Jambi dengan tujuan Bandara Depati Parbo.

Namun belum tiba sampai tujuan, helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono bersama tujuh orang lainnya terjatuh di Desa Tamiai, Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Minggu, sekitar pukul 11.00 WIB, setelah mendarat darurat di lokasi tersebut.

Adapun nama-nama korban yang berhasil dievakuasi: Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap, Copilot AKP Amos Freddy P Sitompul, Mekanik an AIPDA Susilo.

Kemudian penumpang: Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira, Dir Polair Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan, Koorspripim Kompol Ayani, dan ADC Briptu Muhardi Aditya.

"Terima kasih kepada semua tim kesatuan, juga masyarakat sekitar yang juga membantu, sehingga kerjasama seluruh tim yang tergabung dari masing-masing kestauan dan masyarakat bisa menghasilkan hasil yang baik," demikian Listyo Sigit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.