Sukses

4 Kebun Teh Jawa Tengah, Jadi Alternatif Tempat Wisata dan Healing

Berikut kebun teh Jawa Tengah yang dapat menjadi tempat tujuan wisata sekaligus healing.

Liputan6.com, Semarang - Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang menarik dan populer. Sebab, provinsi di tengah Pulau Jawa ini terkenal dengan wisata alamnya yang lengkap, mulai dari pantai hingga gunung.

Namun, tak hanya pantai dan gunung, tedapat sederet kebun teh yang dapat menjadi tempat tujuan wisata di Jawa Tengah. Berikut kebun teh Jawa Tengah yang dapat menjadi tempat tujuan wisata sekaligus healing.

1. Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Kebun Teh Kemuning berada di kaki Gunung Lawu, Jawa Tengah. Dikutip dari laman jadesta.kemenparekraf.go.id, tempat wisata di Jawa Tengah ini berada di ketinggian 800-1.540 mdpl.

Udara sejuk dan angin sepoi-sepoi akan langsung menyambut para wisatawan yang datang ke Kebun Teh Kemuning ini. Hamparan tanaman teh seolah menjadi karpet yang memenuhi permukaan lantai.

Wisatawan dapat dengan bebas menjelajahi hamparan kebun teh dan berfoto dengan panorama alam yang ciamik. Bahkan, ada beberapa spot foto yang dapat digunakan wisatawan.

Jika datang lebih pagi, wisatawan dapat berlajar memetik teh dari ibu-ibu pemetik teh di tempat ini. Kebun Teh Kemuning buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

Kebun teh di Jawa tengah ini berada di Jalan Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. Harga tiket tempat wisata ini dibanderol mulai dari Rp3.000.

2. Kebuh Teh Pagilaran Pekalongan

Kebun Teh Pagilaran dikenal sebagai salah satu produsen teh dengan kualitas premium. Kebuh teh di Jawa Tengah ini mampu menghasilkan 8.000 ton teh setiap tahunnya.

Dikutip dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, teh yang dihasilkan Pagilaran ini diekspor keberbagai negara, seperti Eropa dan Amerika. Kebun Teh Pagilaran memiliki luas hingga 1.130 hektare dan berada di 600-1.600 mpdl.

Kebun teh ini dibangun oleh Belanda pada 1890 dan tetap bertahan hingga saat ini. Bahkan, Kebun Teh Pagilaran merupakan pengekspor teh terbesar kedua dari Indonesia.

Meski masih beroperasi sebagai pabrik teh, kebun teh di Jawa tengah ini juga dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Wisatawan dapat mencoba berbagai aktivitas seru, sampai belajar mengolah teh di tempat wisata ini.

Wisatawan dapat berkeliling kebun dan pabrik teh, mencicipi aneka teh yang diproduksi, wisata kuliner dari aneka olahan teh, dan masih banyak lagi.

Kebun Teh Pagilaran berada di Jalan Botosari, Paninggaran, Gununlangit, Kalibening, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Wisata Jawa Tengah ini buka setiap hari, mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebuh Teh Medini Kendal

3. Kebuh Teh Medini Kendal

Kebun Teh Medini Kendal menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi. Kebun teh yang dibangun oleh Belanda ini berada di kaki Gunung Ungaran.

Kebun teh di Jawa Tengah ini berada di ketinggian hingga 2.050 mpdl. Hawa dingin khas pegunungan akan langsung menyambut wisatawan yang berwisata ke tempat ini.

Bahkan tak jarang, kebun teh ini diselimuti kabut tipis yang menambah ke eksotisan tempat wisata ini. Umumnya, kabut akan turun di sore atau pagi hari menjelang malam.

Akan tetapi, saat musim penghujan datang, kabut ini jadi lebih sering turun, bahkan saat hari sudah menjelang siang. Panorama alam di tempat ini akan semakin bertambah cantik saat cuaca cerah, sehingga Gunung Ungaran terlihat berdiri di samping selatan kebun.

Selain menjelajahi kebun teh sambil berfoto, wisatawan juga dapat menjelajahi gua Jepang yang berad di kawasan kebun teh ini. Gua Jepang ini adalah lubang besar yang di luar terlihat demikian gelap dan dalam.

Di area dinding gua juga telah banyak tanaman merambat. Kebun Teh Medini dibuka setiap hari selama 24 jam, sehingga wisatawan dapat menyaksikan matahari terbit dan tenggelam di tempat ini.

Tiket masuk Kebun Teh Medini dibanderol Rp20.000 per orangnya.

4. Kebun Teh Sikatok Wonosobo

Kebun Teh Sikatok dibangun oleh Belanda pada 1865. Dulunya, kebun teh ini menjadi salah satu sumber perekonomian masyarakat setempat.

Sebelum kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata di Jawa Tengah. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang dapat dinikmati sepuasnya.

Kebun Teh Tambi memiliki luas sekitar 830 hektare dengan pemandangan pegunungan hijau di sekitarnya. Letaknya berada di ketinggian antara 800-2000 mpdl.

Kebuh teh hijau yang tumbuh rimbun serta memadati wilayah pegunungan dengan pesonanya yang memikat. Perkebunan Teh Tambi Wonosobo juga menyediakan paket tour untuk mengeksplor dan mengelilingi kawasan wisata tersebut.

Wisatawan akan diajak untuk menjelajahi kebun teh yang luas dengan jarak rute perjalanan mulai dari 1 km hingga 6 km. Tea Tour bisa digunakan sebagai ajang edukasi bagi wisatawan agar mengetahui proses pemetikan daun teh tersebut.

Tak hanya diajak berkeliling, namun tour guide akan menjelaskan berbagai informasi dan hal menarik tentang teh. Selain Tea Walk, terdapat pula paket Factory Tour yang bisa diikuti wisatawan yang ingin mengetahui proses pengolahan teh.

Setelah daun teh dipetik, proses selanjutnya yakni menuju pabrik untuk diproses lebih lanjut. Disini, wisatawan dapat belajar cara pengolahan daun teh baru menjadi kering dengan menggunakan berbagai alat pabrik yang canggih.

Tak perlu khawatir, terdapat pemandu wisata yang juga akan menjelaskan tahapan dan proses pembuatan tehnya. Harga tiket masuk Kebun teh Tambi dibanderol mulai Rp 10.000 saja.

Tempat wisata di Jawa Tengah ini buka setiap hari, mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.