Sukses

Ada-Ada Saja, Oknum Aparat Tertangkap Basah Curi Besi Rel Kereta Api di Asahan

Ada-ada saja peristiwa yang terjadindi Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut). 2 oknum aparat berpangkat Aiptu dan Serda tertangkap basah mencuri besi rel kereta api di Desa Ledong Barat.

Liputan6.com, Asahan Ada-ada saja peristiwa yang terjadindi Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut). 2 oknum aparat berpangkat Aiptu dan Serda tertangkap basah mencuri besi rel kereta api di Desa Ledong Barat.

Peristiwa itu terjadi Sabtu, 4 Februari 2023. Kedua oknum aparat itu mencuri besi rel kereta api bersama 2 orang lainnya, di mana 1 diantaranya berstatus anak di bawah umur.

Aksi pencurian yang dilakukan para pelaku menyebabkan kerugian sebesar Rp 247.800.000. Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I (PT KAI Divre I) Sumut, Anwar Solikhin, membenarkan adanya pencurian besi rel kereta api.

"Iya, betul. Telah terjadi pencurian kemarin. Telah ditangani Kepolisian Asahan," kata Anwar Solikhin, Minggu, 5 Februari 2023.

Aksi pencurian yang dilakukan para pelaku awalnya diketahui oleh seorang pegawai Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Kemudian menggagalkannya dibantu dengan masyarakat.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Identitas Pelaku

Informasi diperoleh Liputan6.com, para pelaku masing-masing Aiptu DP (47) oknum personel Polsek Kualahulu, Polres Labuhanbatu, Serda S oknum anggota Koramil Aek Kanopan, Kodim Labuhanbatu, IP (31), dan D yang masih berusia 15 tahun. "Perbuatan pelaku kemudian dilaporkan ke Kanitres Polsek Pulau Raja, Ipda RE Lubis. Kemudian menyerahkan para pelaku pencurian," Anwar menjelaskan. Kasi Humas Polres Asahan, Iptu Defi Endah Susanti mengungkapkan, para pelaku tengah menjalani pemeriksaan di Mapolres Asahan. "Info dari Reskrim, masih dalam penyelidikan," ujarnya. 

3 dari 3 halaman

Barang Bukti

Barang bukti yang diamankan diantaranya 1 unit truk colt diesel dengan nomor polisi BK 9172 YF beserta 17 batang potongan besi rel kereta api berbagai ukuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.