Sukses

Bayam hingga Asparagus, Deretan Sayuran Pantangan Penderita Asam Urat

Belum banyak orang tahu tentang informasi sayuran yang memang harus dihindari oleh penderita asam urat

Liputan6.com, Jakarta - Sayur menjadi salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin. Namun, terdapat beberapa sayur yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

Belum banyak orang tahu tentang informasi sayuran yang memang harus dihindari oleh penderita asam urat. Jika tetap dibiarkan, maka jangan heran kalau kadar asam urat akan naik secara drastis yang ada pada tubuh penderitanya.

Lantas sayur apa saja yang harus dihindari bagi penderita asam urat, berikut informasi yang dihimpun dari sejumlah sumber.

Kembang Kol (Kubis)

Kembang kol merupakan salah satu sayur berwarna putih yang rendah garam dan bebas lemak. Selain itu, dalam kembang kol juga terdapat kandungan vitamin C dan sumber asam folat. Namun, bagi penderita asam urat tidak boleh terlalu sering mengonsumsi kembang kol.

Bayam

Sayuran berwarna hijau ini baiknya dihindari para penderita asam urat. Hal ini dikarenakan, bayam mengandung purin dalam jumlah sedang. Jika terlalu sering mengonsumsi bayam dikhawatirkan kandungan asam urat akan meningkat.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jamur

Siapa sangka, jika jamur memiliki kandungan purin dalam jumlah sedang. Jika kalian bukan penderita asam urat, tentu akan mendapatkan berbagai nutrisi dengan mengonsumsi jamur. Namun, tidak bagi penderita asam urat.

Kacang-Kacangan

Berikutnya ada kacang-kacangan, entah itu kacang panjang, kacang polong ataupun kacang hijau.

Bagi penderita asam urat, tidak disarankan untuk mengkonsumi kacang-kacangan. Hal ini dikarenakan kandungan purin yang tergolong tinggi pada sayur jenis kacang- kacangan tersebut.

Asparagus

Sayur hijau yang satu ini juga mengandung puring dalam jumlah banyak. Sehingga, penderita asam urat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi asparagus. Meskipun di dalam asparagus terdapat sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh.

Itulah sejumlah sayur yang harus dihindari oleh penderita penyakit asam urat, semoga informasi ini menambah wawasan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.