Sukses

Punya Banyak Keunikan, Ini 5 Julukan Kota Malang

Malang sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya ini memang memiliki berbagai keunikan yang patut disematkan sebagai julukan.

Liputan6.com, Malang - Sama seperti beberapa kota di Indonesia, Malang juga memiliki beberapa julukan. Salah satu kota di Jawa Timur ini bahkan memiliki lima julukan.

Pasalnya, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya ini memang memiliki berbagai keunikan yang patut disematkan sebagai julukan. Berikut lima julukan Kota Malang:

1. Kota Apel

Salah satu hasil pertanian yang terkenal dari Malang adalah apel. Tak heran jika julukan Kota Apel pun melekat pada Kota Malang.

Produksi apel yang melimpah ini membuat Malang tak hanya mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, tetapi juga mampu mengekspornya ke beberapa negara. Apel menjadi ikon Kota Malang serta menjadi makanan khas oleh-oleh. Masyarakat setempat juga mengolah apel menjadi berbagai kuliner, mulai dari sari apel, keripik, hingga manisan.

2. Kota Bunga

Malang juga memiliki julukan sebagai Kota Bunga. Julukan ini didasarkan pada banyaknya bunga yang mekar serta tumbuh di sudut-sudut Kota Malang. Selain itu, beberapa taman kota Malang juga dipenuhi dengan aneka bunga warna-warni.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kota Pendidikan

3. Kota Pendidikan

Malang juga memiliki julukan sebagai Kota Pendidikan. Kota ini menyediakan beragam institusi pendidikan.

Tak jarang, Malang menjadi salah satu alternatif pilihan untuk menuntut ilmu ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Beberapa universitas negeri juga terdapat di Malang, seperti Universitas Negeri Malang hingga Universitas Brawijaya.

4. Kota Wisata

Memiliki beragam destinasi wisata unggulan, Malang juga mendapat julukan sebagai Kota Wisata. Banyak destinasi wisata yang ada di Kota Malang maupun wilayah regional. Beberapa wisata populer yang ada di Malang di antaranya Jatim Park, Museum Malang, Museum Angkut, hingga Kampung Warna Jodipan.

5. Kota Sejarah

Terdapat kerajaan-kerajaan besar di Malang, seperti Singosari, Kediri, Majapahit, Demak, hingga Mataram. Oleh karena itu, julukan Kota Sejarah pun juga melekat di kota ini.

Selain itu, juga banyak peninggalan sejarah dan cagar budaya yang berupa bangunan serta non-bangunan. Beberap bangunan bersejarah yang dapat dilihat, di antaranya Gedung Balai Kota, Alun-Alun, dan Tugu Kemerdekaan.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.