Sukses

Jurus Pemkab Cirebon Tumbuhkan Ekonomi di Sektor UMKM

Pemkab Cirebon akan menginstruksikan kepada seluruh dinas agar membuka ruang bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya.

Liputan6.com, Cirebon - Sejumlah upaya dilakukan Pemkab Cirebon dalam meningkatkan sektor ekonomi khususnya bagi pelaku UMKM. Pemerintah menginstruksikan seluruh dinas untuk membuka ruang bagi pelaku UMKM.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon Hilmy Rivai mengatakan, akan menginstruksikan kepada seluruh dinas agar membuka ruang bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya.

Dia mengaku, sektor UMKM di Kabupaten masin minim ruang dan apresiasi dari pemerintah. Terutama, memperkenalkan produknya kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Cirebon maupun luar daerah.

Menurutnya, terbukanya akses ruang untuk pelaku UMKM agar ke depan bisa menjadi andalan sektor perekonomian di Kabupaten Cirebon. Dia mengaku, kegiatan pameran UMKM yang digelar bertujuan untuk menjadikan pelaku UMKM maju dan berkembang.

"Kita sering disibukkan dengan pameran-pameran yang pasarnya tidak tepat. Jadi kita ingin nanti memanfaatkan pasar-pasar yang sudah terbentuk," jelasnya usai rapat koordinasi di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM, Kamis (12/1/2023).

Jika langkah yang dilakukan dinas terkait dalam meningkatkan sektor ekonomi di bidang UMKM tidak tepat, maka akan menghambat laju perekonomian daerah.

"Seperti sekarang kita (Pemda) mengadakan pameran di Stadion Ranggajati, siapa yang datang? Enggak ada yang datang paling hanya undangan saja," sambungnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Pemerintah

Oleh karena itu, dari hasil rapat tersebut ke depan, sudah disepakati untuk dapat turun ke kantong-kantong keramaian agar produk UMKM bisa mendongkrak perekonomian Kabupaten Cirebon.

Tidak cukup sampai di situ, Pemkab Cirebon berencana menyiapkan anggaran untuk menyewa tenan di sejumlah supermarket atau mal besar agar produk UMKM bisa secara masif terjual.

Namun demikian, kata dia, dinas terkait harus mampu dan rutin memberi pelatihan agar bisa menciptakan produk UMKM yang berkualitas.

"Kenapa tidak kita membuka tenant-tenant yang ada di Mall Grage contohnya, kita bentuk biar bayar berapa nanti kita anggarkan dan semua pelaku UMKM bisa bergantian. Tapi harus ada pelatihan seperti pengemasan agar jangan sampai yang dipamerkan itu performanya kurang bagus," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.