Sukses

Peringatan Dini Siaga Hujan Lebat di Kabupaten Sikka NTT 28-29 Desember 2022

BMKG mengeluarkan peringatan dini siaga hujan lebat pada 28-29 Desember 2022, kepada masyarakat wilayah Kabupaten Sikka, Pulau Flores, NTT..

Liputan6.com, Kupang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini siaga hujan lebat pada 28-29 Desember 2022, kepada masyarakat wilayah Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi, Rabu (28/12/2022) mengatakan, Kabupaten Sikka berstatus siaga hujan lebat dan perlu diwaspadai masyarakat, karena berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

Kabupaten Sikka di Pulau Flores, merupakan satu-satunya daerah di NTT yang berstatus siaga dampak hujan lebat. Sementara sejumlah daerah lain berstatus waspada, yaitu Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka, Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Flores Timur, Alor, Sumba Barat Daya.

Agung menjelaskan kondisi status dampak hujan lebat yang ada perlu diwaspadai, karena dapat menimbulkan berbagai dampak, seperti terjadi longsor berupa guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

Selain itu, volume air sungai meluap menimbulkan aliran banjir yang berbahaya dan dapat mengganggu masyarakat dalam skala menengah.

Agung mengimbau masyarakat di daerah terdampak cuaca agar melakukan langkah-langkah mitigasi bencana, seperti tidak beraktivitas di luar rumah atau tidak perlu keluar rumah saat terjadi hujan lebat jika tidak ada keperluan yang bersifat mendesak.

"Masyarakat perlu terus mengikuti perkembangan informasi cuaca dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan untuk mitigasi dan penanggulangan bencana," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.