Sukses

Spotify Wrapped 2022 Punya Fitur Baru 'Listening Personality', Begini Cara Melihat dan Membagikannya

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi para pencinta musik dan pengguna platform Spotify, awal Desember menjadi waktu yang istimewa. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Spotify akan merilis daftar Spotify Wrapped tahunannya.

Bukan itu saja, Spotify juga akan merangkum daftar artis, lagu, dan genre untuk masing-masing pengguna. Selain itu, yang terbaru adalah Spotify juga akan menampilkan tipe kepribadian para pendengarnya yang disebut 'listening personality'.

Sama seperti MBTI, listening personality ini juga berjumlah 16 tipe kepribadian. Beberapa tipe kepribadian pendengar tersebut, di antaranya The Adventurer, The Early Adopter, The Deep Diver, The Devotee, The Replayer, The Connoisseur, The Maverick, The Fan Clubber, The Top Charter, The Enthusiast, The Time Traveler, The Musicologist, The Nomad, The Voyager, The Jukeboxer, dan The Specialist.

Tipe-tipe tersebut dibagi atas beberapa komponen, diantaranya familiarity (F) vs exploration (E), loyalty (L) vs variety (V), timelessness (T) vs newness (N), dan commonality (C) vs uniqueness (U). Ringkasan Spotify Wrapped 2022 ini bisa dilihat dengan mudah melalui ponsel. Berikut caranya:

1. Buka aplikasi Spotify.

2. Pada beranda, Spotify Wrapped 2022 akan muncul secara otomatis.

3. Jika Spotify Wrapped 2022 tidak muncul otomatis, kamu bisa menuliskannya di kolom pencarian.

4. Selanjutnya, ringkasan Spotify Wrapped 2022 versi kamu akan otomatis muncul secara lengkap.

5. Pada bagian terakhir, akan muncul 'listening personality', yakni fitur yang berfungsi untuk mengategorikan pendengar ke dalam salah satu dari 16 tipe kepriadian pendengar.

6. Selanjutnya, pada bagian bawah akan muncul pilihan 'bagikan' dan kamu sudah bisa membagikan Spotify Wrapped 2022 di media sosial lain.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS