Sukses

Jadi Kapten Timnas Spanyol, Sergio Busquets Siap Bimbing Pemain Muda

Liputan6.com, Jakarta - Kapten Timnas Spanyol Sergio Busquets menjadi salah satu pemain yang menjadi inspirasi bagi para penggawa La Furia Roja. Sergio juga harus memberikan pengalamannya sebagai kapten terutama kepada rekan setimnya yang masih muda.

Busquets menjadi panutan bagi para pemain muda yang ada di timnas Spanyol seperti Gavi dan Pedri.

Maka dari itu, diharapkan Sergio bisa membagikan pengalamannya dalam bermain dalam Piala Dunia terutama untuk tahun ini.

Seperti diketahui, Spanyol pernah menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan yang saat itu dilatih oleh Vicente del Bosque. Adapun Sergio Busquets juga menjadi salah satu pemain yang turut menjadi bagian dalam kemenangan saat itu.

Pemain Barcelona itu merupakan pemain paling tua yang dibawa Luis Enrique ke Piala Dunia 2022. Dengan berlaga pada edisi kali ini, Busquets pun tercatat telah tampil dalam empat Piala Dunia yakni 2010, 2014, dan 2018.

Tersiar kabar kalau Piala Dunia 2022 akan menjadi edisi terakhir Busquets bersama Timnas Spanyol. Akan tetapi, Busquets menjawab rumor tersebut.

Pemain berusia 34 tahun itu mengaku belum ada pikiran untuk pensiun dari Timnas Spanyol. Bisa jadi, edisi 2026 yang akan menjadi edisi terakhirnya.

"Saya menantikan yang satu ini dengan sangat antusias, terlepas dari apakah ini Piala Dunia keempat saya," kata Busquets, dilansir dari Tribal Football, Kamis (24/11/2022).

"Kami semua tahu apa yang diinginkan pelatih, kami adalah tim yang sangat sulit dikalahkan. Saya tidak akan membuat keputusan apakah akan bermain lagi sebelum, selama atau setelahnya,” ujarnya menambahkan.

Setelah berhasil menang melawan Kosta Rika dengan skor 7-0 pada pertandingan Rabu (23/11/2022) lalu Spanyol akan lanjut melawan Jerman dan Jepang pada pekan depan. Pertandingan melawan Kosta Rika tentunya menjadi acuan bagi Spanyol untuk bisa melangkah lebih jauh lagi.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Siapa Sergio Busquet?

Sergio Busquets mempunyai nama lengkap Sergio Busquets Burgos. Dia lahir pada 16 Juli 1988 di Sabadell, Spanyol.

Busquets merupakan pemain berkebangsaan Spanyol yang juga saat ini bermain untuk Barcelona.

Dalam sepak bola profesionalnya, Busquets berposisi sebagai pemain gelandang dan mempunyai nomor punggung 5.

Pria yang tingginya 189 cm tersebut telah bermain sejak muda di 2005 dengan bergabung bersama FC Barcelona.

Dalam kariernya, Busquets dipromosikan kepada tim B Barcelona dan bermain dalam La Liga pada 13 September 2008. Ia bisa mencetak gol ketika melawan FC Basel pada pertandingan Liga Champions 22 Oktober 2008.

Mulai dari 22 Desember 2008, Busquets pun akhirnya memperpanjang kontraknya dengan Barcelona hingga 2013 dan terus memperpanjang kontraknya hingga sekarang. Sergio Busquets telah bermain puluhan kali dalam liga bersama Barcelona.

Dalam karier internasionalnya, Sergio bermain pertama kali dalam timnas Spanyol sejak 11 Oktober 2008. Sergio bahkan turut membantu timnas Spanyol dalam pertandingan Piala Dunia di Afrika Selatan dan berhasil membawa tim kepada juara dunia.

3 dari 3 halaman

Klasemen Piala Dunia 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.