Sukses

Hore, Pemda Garut Siapkan 'Kado Spesial' untuk Atlet Peraih Medali Porprov Jabar 2022

Liputan6.com, Garut - Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat tengah menyiapkan bonus uang ‘kadeudeuh’ bagi seluruh atlet asal kota Dodol Garut, peraih medali Pekan Olahraga Provinsi (Porprpov) Jabar 2022.  

“Saya meminta agar besaran bonus ini tidak seperti pada 2014, pada 2018 yang nilainya sama Rp30 juta, saya minta nilainya ditambah,” ujar Ketua KONI Garut Abdusy Syakur Amin, Senin (21/11/2022).

Menurutnya, besarannya bonus uang kadeudeuh yang diberikan pemda Garut diharapkan bertambah Rp5 juta dibanding sebelumnya, sesuai dengan capaian prestasi para atlet, dalam gelaran setiap 4 tahun itu.

“Untuk perorangan kami usulkan medali emas Rp35 juta, perak Rp25 juta, dan perunggu Rp15juta, sementara beregu, emas Rp40 juta, biasanya dibagi dua kalau berdua, dan begitu seterusnya,” pinta dia.

Meskipun pemda Garut menyetujui rencana kenaikan besaran bonus uang kadeudeuh, tetapi ia belum mengetahui berapa besaran yang disetujui badan anggaran DPRD saat ini.

“Pak Bupati setuju dinaikkan bonusnya, cuma berapanya ini yang masih dalam tahap dialog,” kata dia. 

Tidak hanya itu, melihat postur penganggaran yang tengah dirancang kalangan DPRD Garut saat ini, Rektor Universitas Garut (Uniga) Garut tersebut, memprediski pemberian bonus uang kadeudeuh akan diberikan tahun depan.

“Kalau anggaran turun tahun ini ya dibayarkan, tapi kalau saya berharap sesegera mungkin, kalau bisa tahun 2022 ini,” ujarnya.

Melihat besarnya peningkatan prestasi para atlet Garut dalam ajang olahraga terbesar se-Jawa Barat itu, ia menilai pemberian bonus uang kadeudeuh tersebut cukup tepat.

“Hitung-hitungannya sekitar Rp3 miliar lebih untuk bonus ini,” kata dia. 

Dalam gelaran Porprov Jabar 2022, Kabupaten Garut berhasil mengumpulkan total meraih 87 medali, yang terdiri dari 22 medali emas, 25 medali perak, dan 40 medali perunggu dengan menempati posisi 11 dari 28 kota/kabupaten kontingen di Jawa Barat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS